Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (Laporan PPL)

  • Whatsapp
Undangan Digital

BAB I PENDAHULUAN

A.    Profil Lokasi PPL
        Profil lokasi PPL anda masing-masing
B.    Waktu Pelaksanaan PPL
        Sesuikan dengan pelaksanaan PPL anda masing-masing
C.    Personilia PPL
        Isi daftar personil PPL anda termasuk pembimbing dan lain-lain

Bacaan Lainnya

BAB II PELAKSANAAN LATIHAN PEMBELAJARAN
A.    Pelaksanaan dan Analisis Kegiatan Sit In
1.    Pelaksanaan Sit In
Pelaksanaan Sit in bertempat di ruang kelas A1 PGRA Mamba’ul Hisan Menganti Babatan V/15 Wiyung Surabaya. Adapun guru kelas bernama Siti Aisah, S.Pd, dan guru pendamping dari kelas A1 bernama Imawati, S.Pd. Jumlah murid kelas A1 sebanyak 19 siswa dengan perbandingan 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pembelajaran pada hari itu menggunakan tema anak muslim mandiri dengan sub tema panca indera. Waktu pelaksanaan Sit in adalah hari Senin tanggal 05 Agustus 2019 mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 09.30 WIB dengan rincian 60 menit pembelajaran efektif dan 30 menit untuk istirahat.

Pada pelaksanaan Sit in yang dilaksanakan, sebelumnya mahasiswa mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi kelas yang akan dijadikan tempat Sit in. Karena mengingat pada masa-masa Sit in adalah masa dimana anak-anak baru masuk pembelajaran baru setelah mengalami libur panjang kenaikan kelas sekaligus libur lebaran (bagi RA B). Sedangkan untuk kelompok awal (Kelompok PG dan RA A) adalah masa-masa dimana anak baru saja masuk dalam lingkungan yang baru, bahkan asing dimata anak.
Pelaksanaan Sit in yang dilakukan oleh penulis merupakan Sit in pada sekolah PGRA Mamba’ul Hisan Surabaya dimana di dalamnya, peneliti memfokuskan pada dunia RA (Raudhotul Athfal) yang mana menerapkan strategi pembelajaran berbasis sentra. Dalam pembelajaran sentra, sekolahan ini menerapkan beberapa sentra, diantaranya ialah sentra persiapan, sentra agama, sentra kreatifitas,  dan sentra balok. Dalam pembelajarannya, RA ini menggunakan kurikulum K13 sesuai dengan kurikulum yang dianut oleh pihak RA.

Baca Juga :  Contoh Laporan Studi Lapangan ; Organisasi Pondok Modern Darussalam Gontor

Dalam pelaksanan Sit in ada beberapa hal yang menjadi fokus pelaksanaan Sit in, diantaranya sebagai berikut:
a.    Aktivitas Guru Dalam Proses Pembelajaran 1) Persiapan Tertulis
Dalam proses pembelajaran, ada persiapan tertulis yang telah disediakan oleh guru kelas, yang dipakai untuk panduan dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada hari tersebut. Sentra persiapan yang disediakan guru hanya berfungsi dalam 1 hari pembelajaran saja, karena RA ini menggunakan pembelajaran berbasis sentra. Sehingga dalam satu hari, persiapan tertulis yang disediakan oleh guru hanya mampu untuk hari tersebut saja. Untuk pembelajaran sentra yang lain, berlaku untuk 3 hari yang mana siswa-siswi RA Mamba’ul Hisan akan melakukan Moving class secara bergantian selama 3 hari tersebut.
Persiapan yang dilakukan dalam hal ini ialah guru menyiapkan alat dan bahan, menyiapkan materi dan kegiatan apa saja yang akan digunakan dalam pembelajaran hari itu. Persiapan tertulis ini dipersiapkan dengan mengacu pada PROTA, PROMES, RPPM, dan RPPH yang telah dibuat sebelumnya dimana perkembangan anak akan menjadi perhatian yang paling utama dalam menyusun rancangan pembelajarannya.

Pos terkait