Laporan Praktik Pengalaman Lapangan (Laporan PPL)

Dalam penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru cukuplah unik, karena menuruti apa yang siswa inginkan, guru juga menyiasati ketika apa yang diinginkan siswa, siswa harus menuruti apa yang dikatakan oleh guru, adapun ketika melihat anak agak rewel, maka guru akan bertanya “adek mau bermain itu? (sambil menunjuk ke arah permainan bola warna). Kemudian anak tersebut mengangguk. Bu guru mau mengambilkannya, tetapi lembar kerjanya harus diselesaikan dulu ya!”.
7)    Penerapan Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan cukup variatif, dimulai dari baris berbanjar, duduk melingkar, demonstratif, serta percobaan  yang dilakukan guru dan kemudian ditirukan oleh anak.
8)    Pemilihan Media Pembelajaran
Media yang digunakan oleh guru adalah media nyata (konkret), yaitu panca indera dari masing-masing siswa, sehingga siswa dapat merasakan kagunaan dan mengetahui bagian tubuhnya sendiri. Seperti tangan anak akan memegang matanya sendiri dengan mengucapkan “mata” dan siswa menirukan kata “mata”. Dengan seperti itu, maka anak akan mengetahui secara langsung dan dapat meraba bahwa  itu adalah bagian tubuh yang namanya mata.
9)    Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas yang dilakukan guru dengan memberikan pembelajaran menarik sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk mendengarkan dan fokus terhadap apa yang disampaikan guru, jika ada beberapa siswa yang perhatiannya terganggu maka guru mensiasatinya dengan memberikan tepuk (Ice Breaking). Sehingga anak akan terpusat kembali kepada guru.
10)    Menanggapi Pertanyaan Siswa.

Baca Juga :  Laporan Mini Riset Manajemen Pembelajaran AUD

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *