Motivasi Belajar

https://www.edukasikita.web.id/2019/11/motivasi-belajar.html

Motivasi adalah perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Di sini terdapat tiga unsur yang saling bekaitan, yaitu sebagai berikut:

  1. Motivasi dimulai dari adanya perubahan energi dalam pribadi. Perubahan-perubahan dalam motivasi timbul dari perubahan-perubahan tertentu
  2. Motivasi ditimbulkan dengan timbulnya perasaan affective arousal, mula-mula berupa ketegangan psikologi kemudian menjadi suasana emosi. Suasana emosi ini menimbulkan kelakuan yang bermotif.
  3. Motivasi ditandai dengan reaksi-reaksi untuk mencapai tujuan. Pribadi yang termotivasi mengadakan respon-respon yang berfungsi mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh perubahan energi dalam dirinya.

Sebagaimana dikutip oleh Ngalim Purwanto, menurut Whiterington belajar adalah suatu peubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru daripada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengetian.  Motivasi terbentuk oleh tenaga-tenaga yang bersumber dari dalam dan luar individu. Sedangkan, belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam inteaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar siswa (dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.

Baca Juga :  Model Pengembangan 6 Aspek Perkembangan AUD

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *