Laporan hasil penilaian pada anak usia dini

  • Whatsapp
Undangan Digital

Pendahuluan Setiap anak memiliki karakteristik dan perkembangan yang berbeda-beda, sehingga dapat dikatakan bahwa anak usia dini itu unik. Setiap perkembangan yang ditunjukkan oleh anak, seharusnya diketahui oleh guru. Guru juga perlu melakukan penilaian pada setiap perubahan perkembangan anak, sehingga guru dapat mengetahui tingkat pencapaian perkembangan pada anak usia dini, apakah anak telah berkembang secara normal atau anak mengalami kesulitan dalam satu perkembangan tertentu (membutuhkan perhatian khusus). Penilaian dilakukan oleh guru dengan cara mengumpulkan dan menafsirkan berbagai perkembangan yang ditunjukkan anak selama proses pembelajaran.

https://www.edukasikita.web.id/2019/11/laporan-hasil-penilaian-pada-anak-usia.html

 Penilaian dilakukan secara sistematis, berkelanjutan, dan menyeluruh yang mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama satu semester. Setelah guru mengumpulkan data terhadap penilaian hasil belajar anak selama satu semester, guru kemudian menganalisis data dan menarik kesimpulan terhadap pencapaian akhir perkembangan anak, setelah itu barulah guru melaporkan/ mengkomunikasikan hasil belajar anak kepada orang tua, agar orang tua memperoleh gambaran pencapaian hasil belajar anak disekolah, memberikan motivasi kepada anak agar semakin giat belajar, dan memberikan saran/rekomendasi kepada orang tua untuk memantau serta meningkatkan perkembangan anak yang masih membutuhkan penanganan khusus, serta mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak. Dari paparan diatas, penulis berkeinginan memaparkan artikel yang berjudul “Pelaporan Hasil Penilaian Pada Anak Usia Dini”

Bacaan Lainnya

Pembahasan Evaluasi adalah proses mengumpulkan data, mengamati perkembangan belajar anak, menelaah keefektifan program pembelajaran dan pemilihan metode/media yang digunakan, serta memberikan kesimpulan terhadap pencapaian hasil belajar anak. Guru dituntut memiliki keterampilan dalam berkomunikasi yang baik dengan wali murid, mengevaluasi informasi yang didapatkan, mengambil keputusan dengan bijak tanpa merugikan orang lain, memaparkan alasan terhadap keputusan yang telah diambil dalam penilaian hasil belajar anak, dan mampu mengkomunikasikan kepada wali murid ketika pelaporan hasil belajar anak diakhir semester. Pelaporan penilaian terhadap hasil belajar anak menggambarkan kemampuan yang telah dimiliki anak, yakni meliputi semua aspek pertumbuhan dan perkembangan, yaitu fisik, bahasa, kognitif, sosio-emosional, seni, moral dan nilai agama

Pos terkait