Penelitian Tindakan Kelas ; Sebuah pengantar

Penelitian dalam Pendidikan sudah semestinya didorong untuk mewujudkan nilai manfaat yang rill dalam sebuah penelitin agar bias dirasakan manfaatnya. Misalnya seseorang telah melaksanakan penelitian sudah pasti ada efeknya atau kebermanfaatannya yang di rasakan oleh masyarakat, bukan hanya sekedar konsep. Tentu itu semua bias diraih jika semua peneliti dan sponsor benar-benar melaksanakan dan merencakakan yang lebih matang, terstruktur dan punya follow up. Tak terkecuali penelitian tindakan kelas (PTK) sudah semestinya menjadi salah satu penelitian yang akan memeri efek baik terhadap siswa dalam peningkatan kualitasi itu sendiri. Untuk itu mari kita mengenal apasih PTK itu?.

https://www.edukasikita.web.id/2019/11/penelitian-tindakan-kelas-sebuah.html

A.    Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
PTK berasal dari Bahasa inggris yaitu classroom action research yang artinya penelitian dilakukan di kelas untuk mengetahui akibat yang diterapkan pada suatu penelitian.

Sementara itu pengertian yang lebih luas mengenai penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang berorientasi implementasi yang dilakukan terhadap suatu objek untuk meningkatkan mutu Pendidikan atau pemecahan masalah yang dihadapi pada subyek yang diteliti atau untuk melihat keberhasilan suatu tindakan yang dilakukan kemudian dilanjutkan dengan tindakan berikutnya.

Menurut Suharsimi Arikunto (2005) dalam kontak pekerjaan yang dilakukan oleh pendidik dalam penerapan suatu tindakan untuk melihat hasilnya disebut juga sebagai penelitian tindakan kelas.

Berdasarkan pengertian tersebut bias di pahami bahwa PTK dilakukan dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kulalitas pembelajaran terhadap peserta didik.

B.    Sejarah munculnya penelitian tindakan kelas
Penelitian tindakan kelas diperkenalkan oleh Kurt Lewin sejak pada tahun 1946 kemudia dikembangkan oleh Stephen dkk yang pada awal munculnya PTK dilakukan pada bidang pekerjaan tertentu. Oleh karena itu subyek penelitian PTK dilakukan di kelas sehingga memudahkan para guru dalam melakukan penelitian karena tidak mesti harus jauh-jauh mengambil tempat penelitian.

Munculnya penelitian tindakan kelas juga dapat dilihat diberbagi terutama dalam karyanya John Dewey tahun 1910 yang berjudul How we dan The source of a science of education (suharsimi, 2007)

Baca Juga :  Pentingnya Bimbingan Konseling pada Pendidikan Dasar

Menurut supardi dalam kontek ke indonesiaan lahirnya PTK di Indonesia dimulai dengan adanya kesadaran bahwa penerapan PTK di mulai dengan adanya proyek pengembangan Pendidikan guru (P3G) pada tahun 1980 yang sampai hari ini telah menjadi salah satu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru bahkan juga para calon guru diindonesia diwajibkan menjadi tugas akhir di beberapa kampus di Indonesia.

Dikarenakan tindakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga harus dikaitkan dengan suatu strategi yang dilakukan guru terhadap suatu materi tertentu agar dapat dilihat hasinya apa ada peningkatan atau bagimana.

Tags: