Strategi Dalam Mengatasi Tindakan Bullying di Sekolah

  • Whatsapp
Undangan Digital

Pendidikan merupakan salah satu infrastruktur vital dalam membangun peradaban dan kemajuan suatu bangsa. Dalam artian, maju atau tidaknya suatu bangsa ataupun negara sangat bergantung terhadap proses pendidikan yang berjalan didalamnya. Maka, dalam konteks ini perkembangan dan pembangunan dari sektor pendidikan menjadi nilai yang sangat penting, karena pondasi sebuah bangsa terletak pada sektor pendidikannya. Begitupun dengan Bangsa Indonesia, meskipun terbilang negara berkembang, Indonesia sangat menomersatukan pendidikan. Seperti bunyi penggalan kalimat pada alinea ke-empat Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi ”… mencerdaskan kehidupan bangsa” yang merupakan sebuah harapan leluhur bangsa Indonesia dalam memajukan pendidikan. Namun, sebuah harapan tidak mungkin terwujud begitu saja, banyak rintangan dan permasalahan yang harus dilalui. Salah satunya tindak bullying di lingkungan lembaga pendidikan atau sekolah.

https://www.edukasikita.web.id/2019/11/strategi-dalam-mengatasi-tindakan.html

Timbulnya tindak bullying terjadi karena berbagai macam hal, kepribadian seorang anak timbul dari setiap apa mereka lihat dan dengarkan, seperti yang kita ketahui di usia anak-anak, khususnya di usia Sekolah Dasar, umumnya belum bersifat mandiri, belum ada rasa tanggung jawab pribadi, serta belum bisa berpikir secara kritis sehingga anak usia Sekolah Dasar yang menjadi pelaku tindak bullying tidak memiliki dukungan dan rasa peduli yang diajarkan oleh orang dewasa. Sehingga mereka pelaku bullying menganggap apa yang ia lakukan sah-sah saja. Orangtua mungkin tidak tahu apa saja yang dilakukan anaknya ketika disekolah. Padahal yang dilakukan oleh anaknya merusak psikis korban yang notabennya teman sekolah pelaku. Bullying tidak memilih umur atau jenis kelamin korban. Seorang korban umumnya adalah seseorang yang lemah, pemalu, pendiam dan spesial (cacat, tertutup, pandai, cantik, atau  punya  diri  tubuh  tertentu),  yang memicu hal tersebut menjadi  bahan ejekan

Baca Juga :  Tujuan Pendidikan Islam

Bacaan Lainnya

Maka dari itu bullying harus dihindari dan diantisipasi karena bullying menimbulkan berbagai dampak, seperti korbannya berpikir untuk tidak berangkat ke sekolah karena di sekolahnya ia akan dibully oleh si pelaku. Dan kemungkinan terburuk, bullying juga mengakibatkan efek bullying yang berlangsung seumur hidup berupa kurangnya percaya diri pada diri korban dalam bergaul dengan lingkungannya, karena luka psikis yang masih membekas bertahun-tahun setelah tindak bullying yang menimpanya.

Pos terkait