Tujuan dan Fungsi Penelitian Tindakan Kelas

Belakangan penelitian tidakan kelas (PTK) menjadi trend dikalangan para calon pendidik dan pendidik dalam upaya memecahkan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, karena PTK dimaksudkan untuk memecahkan dan mencari solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh pendidik. Dalam dunia Pendidikan PTK berkembang dalam suatu penelitian terapan.

https://www.edukasikita.web.id/2019/11/tujuan-dan-fungsi-penelitian-tindakan.html

Jika melaksanakan semua tahapan-tahapan PTK pendidik dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dikelas dengan menggunakan bebagai strategi dalam pembelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran itu sendiri.

Tujuan penelitian tindakan kelas
Menurut Jhon Elliot mengemukakan tujuan PTK yakni untuk mengkaji masalah social dengan tujuan meningkatkan kualitas tindakan yang dilakukannya. Semua proses, telaah, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, pengaruh dan pemantauan diperlukan antara evaluasi diri serta professional.

Sementara menurut Hardjodipuro mengatakan bahwa PTK salah satu pendekatan untuk memperbaiki Pendidikan melalui perubahan untuk mendorong para guru melakukan pembelajarannya sendiri dan dapat mengubahnya kearah yang lebih berkualitas.

Dengan demikian sangat jelaslah bahwa PTK memiliki tujuan agar para pendidik bersedia untuk mengitropeksi diri yang selanjutnya diharapkan mampu meningkatkan kemampuan terhadap peningkatan kualitas dan hasil belajar peserta didiknya.

Selain itu tujuan utama PTK yakni untuk mengubah perilaku siswa didalam kelas dalam rangka peningkatan praktik pembelajaran sehingga terjadi peningkatan layanan dan hasil belajar siswanya, yang kemudian akan berdapak pada pengetahuan dan perilaku siswanya.

Fungsi PTK

Fungsi PTK sebagai suatu alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh peserta didik dan juga sebagai alat untuk meningkatkan komunikasi antara peserta didik dan pendidik dalam upaya perubahan tingkah laku serta sebagai alat untuk mengembangkan keterampilan pendidik yang diharapakn mampu mengubah keberhasilan siswa itu sendiri.

Baca Juga :  Lunturnya Budaya Sopan Santun Peserta Didik Kelas Vi Mi Islamiyah Banjarsari Buduran Sidoarjo
Tags: