Game dalam Pendidikan Anak Usia Dini

  • Whatsapp
Undangan Digital

Menurut Ernest Adams dan Andrew Rollings: 2007, dalam buku Fundamentals of game design, game merupakan salah satu jenis kegiatan bermain dengan pemainnya berusaha meraih tujuan dari game tersebut dengan melakukan aksi sesuai aturan dari game tersebut. Sedangkan Education game adalah game yang khusus dirancang untuk mengajarkan user suatu pembelajaran tertentu, pengembangan konsep dan pemahaman dan membimbing mereka dalam melatih kemampuan mereka, serta memotivasi mereka untuk memainkannya (Hurd: 2009). Artinya ketika anak bermain game dengan tema “Diriku”, maka anak akan melakukan apa yang sudah mereka amati selama bermain didalam kehidupan nyata.

https://www.edukasikita.web.id/2019/11/game-dalam-pendidikan-anak-usia-dini.html

Masa anak usia dini adalah masa Bermain, dimana anak sering melakukan Game/ Permainan dan akhirnya anak meniru perilaku yang mereka amati selama mereka bermain.
Dalam Theoretical Framework di jurnal internasional dengan judul Development of a personalized educational computer game based on students’ learning styles, By: Gwo-Jen Hwang, Han-Yu Sung, Chun-Ming Hung, Iwen Huang, Chin-Chung Tsai. 2012, menerangkan bahwa dalam pengembangan game ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya meliputi:

Bacaan Lainnya

  1. Educational computer games (Pendidikan game computer).
  2. Learning styles and adaptive learning (Gaya belajar dan pembelajaran adaptif).
  3. Personalized educational computer game based on Students Learning Styles (Pembuatan pendidikan permainan komputer berdasarkan Gaya Belajar Siswa).

Berdasarkan dari teori diatas, maka pengembangan game yang dilakukan berdasarkan pada gaya belajar siswa, siswa pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) gaya belajarnya identik pada sebuah permainan. Pada saat ini anak sering menggunakan game dalam kesehariannya, maka desain game yang akan digunakan dalam penerapan pendidikan karakter menggunakan game berbasis android yang mudah digunakan oleh anak dalam bermain.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Berita Hoax

Pengertian Bermain Menurut Triharso (2013) Pendekatan Pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

Pos terkait