Contoh Laporan Studi Lapangan ; Organisasi Pondok Modern Darussalam Gontor

  • Whatsapp
Undangan Digital

Manajemen merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, yakni sebagai sarana pokok bagi kehidupan umat manusia dalam meningkatkan dan mengoptimalkan sumber daya manusia untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan.

Sehingga dapat digarisbawahi bahwasannya manajemen merupakan suatu aktifitas untuk menggerakkan orang lain atau suatu kegiatan memimpin atas dasar suatu tujuan yang telah ditentukan.1 Sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh Johnson bahwasnya manajemen merupakan suatu proses mengintegrasikan sumber-sumber yang tidak berhubungan menjadi sistem total untuk menyelesaikan suatu tujuan, yang dimaksud dengan sumber-sumber tersebut meliputi orang-orang, alat-alat, media bahan, uang dan sarana yang mana kesemuanya itu diarahkan dan dikoordinasikan agar terpusat dalam rangka menyelesaikan tujuan2.

Bacaan Lainnya

Atas dasar diatas, pelaksanaan manajamen merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan dalam organisasi terlebih lagi dilembaga pendidikan pesantren karena dengan adanya manajemen yang baik akan menghasilkan output yang baik pula. Lembaga pendidikan pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang mengintegrasikan seluruh pusat pendidikan, pendidikan pesantren bersifat total, mencakup seluruh bidang kecakapan anak didik; baik spiritual (spiritual quotient), intelektual (intellectual quotient), maupun moral-emosional (emotional quotient). Untuk itu, lingkungan pesantren secara keseluruhannya adalah lingkungan yang dirancang untuk kepentingan pendidikan. Sehingga segala yang didengar, dilihat, dirasakan, dikerjakan, dan dialami para santri, bahkan juga

seluruh penghuni pesantren, semua aktifitas yang ada dilingkungan pesantren dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan cara ini pesantren telah mewujudkan sebuah masyarakat belajar yang kini dikenal dengan istilah learning society, dalam pelaksanaannya tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya manajemen organisasi pesantren yang baik.

Baca Juga :  Laporan hasil penilaian pada anak usia dini

Dalam khazanah pengembangan manajemen organisasi pendidikan pesantren di era milineum ini, Pondok Modern Darussalam Gontor dengan totalitas pendidikannya telah mengukir sejarah dengan banyaknya alumni yang berkiprah di dunia nasional bahkan internasional.

Kemajuan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor tidak akan lepas dari peran dan fungsi pimpinannya dalam memanaje organisasi pendidikan yang dikelonya, diantaranya adalah Dr KH. Abdullah Syukri Zarkasyi M.A,  beliau menaruh perhatian besar terhadap pelaksanaan manajemen organisasi pendidikan pesantren, dalam pandangan beliau, pimpinan pondok bukanlah birokrat, bukan penjabat administrasi melainkan harus menjadi sosok pendidik dan uswah.

Pos terkait