Jenis dan Model Penelitian Tindakan Kelas

Jenis penelitian tindakan kelas terbagi menjadi empat bagian menurut jenisnya sebagaimana yang di ungkapkan oleh ilmuan Chein (1990) yaitu :

Penelitian Tindakan Kelas

1.    PTK diagnostic
Yang termasuk jenis PTK diagnostic yaitu penelitian yang didesain untuk mengarahkan peneliti kearah suatu tindakan. Pada penelitian ini biasanya dilakukan untuk mendiaknosis masalah-masalah yang dihadapi oleh peserta didik, misalanya peneliti akan mencari solusi yang dihadapi siswa dalam hal terjadinya peselisihan, konflik dalam suatu objek.

2.    PTK Partisipan
Penelitian yang termasuk PTK partisipan yaitu peneliti yang akan meneliti harus terlibat secara langsung dalam penelitian sejak awal dan mengikuti semua tahap atau proses sampai penelitian tersebut benar-benar selesai yang bisanya ditandai dengan selesainya pembuatan laporan penelitian.

3.    PTK Empiris
Penelitian jenis PTK empiris merupakan penelitian yang berusaha menggunakan berbagai Teknik untuk mengumpulkan yang terjadi selama proses berlangsung. Penelitian ini sangat berkaitan dengan seorang peneliti dalam pengumpulan pengalaman peneliti berdasarkan pekerjaan sehari-harinya.

4.    PTK Eksperimental
Sesuai dengan Namanya PTK eksperimental merupakan penelitian PTK yang dilakukan dengan yang diterapkan dengan berbagai strategi yang efektif diterapkan dalam suatu proses belajar mengajar di kelas.

Model penelitian PTK
Dalam penelitian PTK terdapat beberapa model penelitian PTK yang sering digunakan yaitu a) Model kurt lewin, b) Model john Elliot, c) Model kemmis dan Mc Taggart, d) Model dave ebbut, dan e) Model suharsimi arikunto.

Model suharsimi arikunto ini biasanya dilakukan dengan memulai dari tahap penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi,

Baca Juga :  Implementasi nilai-nilai akidah akhlak bagi Anak sekolah dasar di era milenial
Tags: