Hakikat Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
       Pendidikan Anak Usia Dini PAUD adalah suatu jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan yang paling dasar yaitu upaya pembinaan yang ditunjukkan untuk anak pada usia enam tahun untuk memberi rangsangan pendidikan untuk untuk membantu proses pertumbuhan serta perkembangan jasmani dan rohani supaya anak memiliki persiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut yang dilaksanakan dan diselenggarakan pada jalur formal nonformal dan informal.

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan untuk anak usia dini sangatlah penting dilakukan, pendidikan ini merupakan dasar untuk membentuk kepribadian manusia secara utuh seperti ditandai dengan karakter, budi pekerti luhur, cerdas, dan terampil. Pendidikan ini sangatlah penting sejak masih dalam kandungan.

        Penilaian bertujuan untuk mengukur sejauh mana siswa dapat menerapkan materi yang disampaikan serta untuk mengukur keberhasilan pembelajaran tersebut sehingga  bermanfaat untuk kedepannya. Penilaian juga sebagai umpan balik bagi guru untuk menyempurnakan proses pembelajaran serta penilaian juga penilaian dapat sebagai pedoman yang digunakan sebagai acuan oleh guru dan penyelenggara TK. Dari paparan diatas, penulis akan memaparkan Artikel yang berjudul “Hakikat Penilaian Pendidikan AUD”

B. Rumusan Masalah
1.    Apa hakikat penilaian pendidikan anak usia dini?
2.    Apa prinsip penilaian dalam pembelajaran Anak usia dini?

C. Tujuan  Masalah
1.    Untuk mengetahui penilaian pendidikan anak usia dini
2.    Untuk mengetahui prinsip penilaian dalam pembelajatan Anak usia dini

BAB II PEMBAHASAN
A. Hakikat Penilaian Pendidikan
Penilaian yaitu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar mengajar, penilaian harus dari informasi yang valid reliabel bertujuan untuk meningkatkan penampilan penilaian juga memerlukan informasi baik itu harus valid dan reliabel. Penilaian digunakan sebagai bentuk nilai serta, sebagai penilaian dalam rangka perbaikan pada suatu penampilan. Jadi, penilaian dilakukan secara adil dan harus dihubungkan dengan tujuan langkah-langkah itu penting dalam proses penilaian untuk mencakup tujuan dalam bagian perilaku serta berhasil dalam mengumpulkan data untuk mencapai tujuan Melalui strategi khusus guna untuk mengembangkan keterampilan terhadap pengajaran.

Penilaian pendidikan adalah proses untuk mendapatkan informasi guna menginformasikan tentang kinerja peserta didik serta prestasi peserta didik sehingga hasilnya digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap ketuntasan belajar dan efektivitas proses pembelajaran. fokus penilaian untuk keberhasilan siswa dalam mencapai standar kompetensi yang ditentukan.

Baca Juga :  Manajemen Kesiswaan

      Menurut Mulyasa (2012:195) penilaian suatu proses pengumpulan pelaporan dan Penggunaan informasi tentang hasil belajar anak dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian pelaksanaan berkelanjutan bukti bukti autentik akurat dan konsisten diperlukan pendekatan yang lebih khusus sebab anak pada usia tersebut memiliki perkembangan karakteristik perkembangan yang berbeda-beda dengan anak yang lainnya nya seperti cara penilaian pada anak Sekolah Dasar atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

B. Prinsip Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
        Prinsip umum penilaian dalam pembelajaran anak usia dini meliputi perkembangan nilai agama dan moral perkembangan sosial dan emosional perkembangan bahasa perkembangan kognitif perkembangan fisik dan motorik dan perkembangan seni ada beberapa macam penilaian pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dilakukan  melalui beberapa tahap, berikut bagan tahap penilaian:

1.    Perencanaan
•    Menentukan Kompetensi Dasar dan Merumuskan Kegiatan
•    Menetapkan alat dan kriteria penilaian Dalam menentukan alat penilaian harus disesuaikan dengan indikator yang telah ditetapkan dalam RPPH.
•    Menentukan waktu dan tempat yang terbaik.

2.    Pelaksanaan
•    Observasi/Pengamatan
     Pengumpulan data atau informasi melalui pengamatan langsung terhadap keterampilan anak sikap pengetahuan.
•    Wawancara (percakapan)
      Adalah upaya pengumpulan data yang dilakukan oleh guru untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan dengan cara melakukan percakapan langsung dengan anak maupun dengan orang tua.
•    Penugasan (formative assessment)
  Adalah upaya penilaian berupa pemberian tugas yang dikerjakan secara perorangan ataupun kelompok guna untuk mengetahui perkembangan anak dalam hal pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

•     Unjuk Kerja (Performance)
     Unjuk kerja merupakan penilaian yang menuntut peserta didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati.
•    Pemeriksaan Medis
     Merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan anak usia dini untuk mengetahui berbagai kelemahan dan penyakit yang diderita anak. 

Baca Juga :  Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pada Anak Usia Dini

3.    Pengolahan Hasil Belajar
Pengolahan Hasil Belajar Penggabungan data yang terkumpul melalui pengamatan yang ditulis dalam catatan anecdotal maupun hasil karya anak diolah untuk melihat perkembangan hasil belajar anak.

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan
1.     Penilaian yaitu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar mengajar, penilaian harus dari informasi yang valid reliabel bertujuan untuk meningkatkan penampilan penilaian juga memerlukan informasi baik itu harus valid dan reliabel. Penilaian digunakan sebagai bentuk nilai serta, sebagai penilaian dalam rangka perbaikan pada suatu penampilan. Penilaian pendidikan adalah proses untuk mendapatkan informasi guna menginformasikan tentang kinerja peserta didik serta prestasi peserta didik.
2.    Prinsip umum penilaian dalam pembelajaran anak usia dini meliputi perkembangan nilai agama dan moral perkembangan sosial dan emosional perkembangan bahasa perkembangan kognitif perkembangan fisik dan motorik dan perkembangan seni

B. Saran
     Guru hendaknya memiliki keterampilan dalam hal memilih metode dan teknik penilaian yang dianggap sesuai dengan tujuan dan proses pembelajaran serta pengalaman belajar yang telah ditetapkan.

OLEH : Citra Amaliyah Saraswita Suwandini

DAFTAR PUSTAKA

Fatimah,Ifat. 2015.PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI, Tunas Siliwangi:PGPAUD STKIP SILIWANGIE. Vol.1
Hermoyo, Panji. MEMBENTUK KOMUNIKASI YANG EFEKTIF PADA MASA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI . Surabaya :Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Kunarti, 2008. TESIS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DAN KURIKULUM YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK/DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE (DAP) PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : Semarang: universitas negeri semarang.
Juliantine, tite. PENILAIAN DALAM PENDIDIKAN Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia

Tags: