Pentingnya Manajemen Guru dan Karyawan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Whatsapp
Undangan Digital

Pendahuluan :
Pendidikan untuk bisa melakukan reformasi lebih baik memerlukan kesiapan semua pihak, jika dilihat secara komprehensif tentang masalah-masalah pendidikan saat ini. Salah satu aspek yang sangat signifikan yakni guru. Guru merupakan titik sentral dari upaya peningkatan mutu pendidikan, karena itu setiap upaya membenahi pendidikan akan dan harus melibatkan penataan dan pembenahan terhadap guru. Proses manajemen guru dan karyawan terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut : Perencanaan, penarikan, seleksi, penempatan, pelatihan dan pengembangan, evaluasi prestasi, remunerasi, transfer dan pemutusan hubungan kerja. Jika salah satu dari tahap-tahap tersebut maka akan dirasa kurang maksimal dalam melakukan reformasi dalam dunia pendidika.

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Pembahasan
1.    Perencanaan Guru
        Pentingnya  perencanaan guru dan karyawan tidak lepas dari berubahnya pandangan terhadap sumberdaya manusia. Perencanaan dimulai dengan analisis ketenagakerjaan lembaga pendidikan, analisis yang sistematis meliputi dua hal : deskripsi guru dan spesifkasi kerja. Deskripsi kerja menjelaskan tugas-tugas apa yang harus dikerjakan oleh guru dan karyawan. Sedangkan spesifikasi kerja mencakup kemampuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan tugas tersebut. Sebagai tenaga pendidik professional guru dituntut mempunyai kemampuan-kemampuan tertentu diantaranya :
a.    Penguasaan bahan ajar
b.    Pengelolaan program belajar mengajar
c.    Pengelolaan kelas
d.    Penggunaan media da sumber pembelajaran
e.    Penguasaan landasan kependidikan
f.    Pengelolaan interaksi siswa
g.    Pengenalan fungsi dan program bimbingan
h.    Pemahaman prinsip untuk peningkatan mutu pendidikan

Bacaan Lainnya

2.    Penarikan dan seleksi
       Kelompok kerja tenaga pendidikan memberikan rekomendasi untuk memastikan bahwa calon-calon guru harus memiliki mutu dalam dunia pendidikan. Instrumen yang sesuai standard dan indeks prestasi yang baik merupakan syarat kualifikasi umum dalam melakukan proses penarikan atau rekrutmen. Untuk mendapatkan guru yang berkualitas seleksi tidak saja berdasarkan nilai test baik kompetensi maupun psikotest, tetapi juga perlu dilihat kecakapan dalam bidang kemampuannya.  Adapun langkah-langkah dalam proses seleksi yakni sebagai berikut :
a.    Penerimaan pendahuluan pelamar
b.    Tes-tse penerimaan
c.    Wawancara seleksi
d.    Penerimaan referensi-referensi
e.    Evaluasi medis (tes kesehatan)
f.    Wawancara
g.    Keputusan penerimaan

Pos terkait