Manajemen Sarana Prasarana Sekolah

  • Whatsapp
Undangan Digital

Pendahuluan
Manajemen Sarana Prasarana Sekolah ; Anak memiliki sifat dan karakter yang unik. Anak juga memliki kepribadian yang berbeda beda sehingga disini ada PAUD dimana berfungsi sebagai menumbuhkan, membina, mengembangkan seluruh potensi yang anak miliki, agar potensi yang ada dalam anak dapat berkembag secara optimal. Sehingga dapat memunculkan perkembangan prilaku dan kemampuan yang sesuai dengan pertumbuhanya. PAUD adalah salah satu sarana untuk mengembangkan anak. Selain itu sarana prasarana juga penting dalam membantu perkembangan yanga da dalam anak.

Manajemen Sarana Prasarana

Dalam mewujudkan PAUD yang dapat mengembangkan  potensi anak perlu adanya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan juga adanya pengendalian. Dalam sarana prasarana juga perlu adanya tahapan untuk memperolehnya agar sarana prasarana dapat turun secara lancer dan tanpa kendali.

Bacaan Lainnya

Sarana prasarana adalah perlengkapan pendukung uenyelenggaraan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan juga perlindungan. Pengadaan sarana prasarana ii perlu adanya penyesuaian dengan kebutuhan yang diperlukan, seperti jumlah anak, kondisi social, budaya dan juga jenis layanan.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tahun 2009 mengatur tentang kriteria dan perangkat Akreditasi Taman Kanak-Kanak/ Raudhatul Athfal (TK/RA). Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomer 137 tahun 2014 tentang Standart Nasional Pendidikan AUD  adalah tentang pengelolahan dan penyelenggaraan pendidikan AUD di seluruh wilayah Indonesia.

Sarana prasana itu juga menunjang kemampuan perkembangan anak, anak juga sifatnya ingin bermain disini bermain sambil beljar adalah suatu hal yang dpat digunakan dalam menyampaikan pengetahuan dan ilmu secara asik dan menyenangkan. Permainan ada 2 jenis aitu indoor dan juga outdoor. Sebaiknya dalam pengajaran pada anak itu di ruangan yang luas agar gerak anak bebas dan juga anak dapat mengekspresikan dirinya sesuai dengan keinginanya.

Baca Juga :  Pendekatan dalam Supervisi Pendidikan

Dalam melakukan merencanakan Sarana Prasarana da hal penting yang perlu diperhatikan diantaranaya yaitu 5W 1H.
 What kegiatan apa saja yang harus dilakukan dalam mencapai tujuan? Hal ini sangatlah penting karena jika sarana prasarana tidak menunjang kegiatan pembelajaran kenapa harus diadakan sarana prasarana tersebut. Jika diadakan sama saja dengan tidak memfungsikan sarana prasarana tang ada.

Pos terkait