Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini

  • Whatsapp
Undangan Digital

Latar Belakang
Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini : Pendidikan karakter pada anak usia dini dimaksudkan untuk menanamkan karakter pada anak untuk bekal mereka agar menjadi suatu kebiasaan yang baik ketika ia kelak dewasa. Penanaman karakter pada anak usia dini sangatlah penting, mengingat lambat laun zaman sudah semakin modern dan apa saja mungkin bisa dapat didapatkan oleh anak dengan mudah. Pada anak masih di usia dini pun pengaruh negatif bisa saja mereka dapatkan dari lingkungan sekitar maupun dari lingkungan keluarga sendiri, untuk itu penanaman nilai-nilai karakter ini sangat diperlukan bagi anak. Dengan begitu anak akan lebih dapat mencerna dan menyaring informasi-informasi atau sikap-sikap yang menurut mereka patut di contoh atau tidak.

Nilai-Nilai Karakter Pada Anak

Namun, mereka tidak bisa dengan sendirinya mendapatkan nilai-nilai karakter tersebut, disini peran orangtua, keluarga maupun guru adalah yang utama. Melalui orang tua, anak bisa diajarkan melalui pembiasaan, dan yang artinya orang tua harus melakukan kegiatan-kegiatan yang baik untuk melihat anak, dengan seringnya anak melihat kegiatan baik tersebut mereka akan menirukan dan akan menjadi terbiasa dengan kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak, salah satunya adalah pembiasaan, karena pembiasaan merupakan salah satu cara menanamkan nilai karakter dengan sifat tidak memaksakan kehendak anak, bahkan jika anak dipaksa akan cenderung membuat anak tidak mau melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

Pembahasan
Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang bersifat mendidik dan diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah kehidupan yang lebih baik. Pada prinsipnya, pendidikan karakter adalah suatu upaya untuk mengembangkan dan menumbuhkan kepekaan dam sikap tanggung jawab kepada sosial, membangun kecerdasan emosional dan mewujudkan siswa memiliki suatu etika yang tinggi. Sejak kecil anak sudah harus diberikan nilai-nilai karakter, seperti hal-hal kecil contohnya memberi tahu anak jika makan dan minum harus dengan menggunakan tangan kanan, adab makan dan minum harus dengan duduk dan tidak boleh tergesa-gesa karena akan menyebabkan tersedak. Dengan hal-hal kecil seperti itu dapat menumbuhkan nilai karakter pada anak.

Pos terkait