Sistematika Proposal Penelitian

Judul Penelitian 
Sistematika Proposal Penelitian ; Dalam membuat judul proposal penelitian harus memperhatikan beberapa hal yakni mengandung masalah, cara memecahkan masalah dan masalah apa yang akan diselesaikan serta dimana lokasinya contoh ”Pengaruh Strategi Pembelajaran Blendid Learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada kelas….”

Proposal Penelitian

Latar Belakang Masalah
Latar Belakang berisi gambaran yang akan di teliti, dan bagaimana informasi agar dapat meyakinkan penguji/orang lain bahwa penelitian ini berbeda dengan yang lainnya serta apa yang membuat sipeneliti tertarik dengan judul yang akan diteliti.

Perumusan Permasalahan
Pada bagian ini berisi pertanyaan berdasarkan permasalahan pada latar belakang masalah dan jumlahnya berdasarkan variable yang akan di teliti.

Tujuan Penelitian dan manfaat
Dalam membuat tujuan penelitian mengacu pada rumusan masalah yang telah di buat pada bagian sebelumnya dan penulisan manfaat dapat diklasifikasikan berdasarkan sasaran tujuan penelitian (Ex: tujuan teoritis, tujuan untuk instansi, peneliti dan pembaca)

Kajian Pustaka
Pada bagian ini biasanya berisi hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan judul yang akan diteliti, agar kita dapat memposisikan dimana posisi kita sebagai peneliti agar berbada dengan penelitian sebelumnya.

Landasan Teori dan Kerangka Konseptual

Pada landasan teori berisi tentang teori yang mendasari penelitian ini dibuat berdasarkan banyakanya variable dan ruang lingkup yang akan diteliti, bias diambil dari berbagai sumber misalnya buku, jurnal dll, yang terpenting kualitas sumber tersebut.

Hipotesis (jika ada)
Hipotesis biasanya ad ajika jenis penelitian kuwantitatif, yang mencakup jawaban sementara dari rumusan masalah yang telah dibuat sebelumnya.

Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian dibuat berdasarkan jenis penelitian yang akan dilakukan, jadi penyusunan metodologi ini sangat tergantung pada jenis penelitian yang ingin anda lakukan.

Baca Juga :  Sistematika Proposal Penelitian Tindakan Kelas

Waktu/Jadwal Penelitian
Waktu penelitian ini disusun berdasarkan rentang waktu yang diberikan oleh pihak sponsor sehingga perlu untuk melihat juknisnya.

Daftar Pustaka
Daftar pustaka berisi daftar refrensi yang telah dikutip dalam penyusunan proposal yang harus disesuaikan dengan gaya refrensi yang telah ditetapkan

Curricullum Vitae Penelitian
Pada bagian ini berisi biodata singakat baik didividu maupun tim yang akan mengajukan proposal penelitian

Rincian Biaya
Rincian biaya dibuat berdasarkan besaran atau alokasi yang dianggarkan oleh pihak sponsor

Lainnya yang dianggap perlu

Pada bagian ini disi jika ada bagian yang dianggap penting yang tidak termasuk pada bagian sebelumnya misalnya dokumentasi dan lain-lain.

Tags: