Cara meningkatkan Kecerdasan pada anak

  • Whatsapp
Undangan Digital

Pendahuluan
Tiap anak fitrahnya memiliki kecerdasan, namun hal tersebut tetap tergantung pada anak anak tersebut ; kecerdasannya ingin tingkatkan ataupun tidak kembali lagi pada anak tersebut(Chatib, 2012, p.91). Dari hal tersebut disini orang tua berperan agar senantiasa mengasah otak sang buah hati. Kita bisa mengasahnya dengan cara belajar sambil bermain, karena saat ini banyak kita jumpai permainan seperti itu. Contohnya permainan puzzle, permainan mengurutkan lingkaran dari ukuran yang terbesar hingga ukuran yang terkecil, tidak hanya permainan saja bahkan saat ini buku untuk anak-anak sangat menarik terdiri dari banyak gambar serta tulisannya terdiri dari berbagai variasi warna sehingga membuat anak tertarik untuk membacanya.

Kecerdasan pada anak

Selain mengasah kecerdasan sang buah hati dengan belajar sambil bermain, kita sebagai orang tua juga harus memenuhi gizinya. Yaitu makanan 4 sehat 5 sempurna harus kita berikan untuk buah hati kita untuk meningkatkan kecerdasanya.

Bacaan Lainnya

Kelak anak kita akan menjadi penerus bangsa, sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk mendidik serta meningkatkan kecerdasan buah hatinya dengan baik dan sedini mungkin. Agar kelak di masa depan nanti negra tercinta ini menjadi negara maju, serta tidak kalah dalam persaingan globalisasi. Tidak bisa dibayangkan apabila kita tidak meningkatkan kecerdasan anak-anak kita, kelak yang kita rasakan adalah penyesalan. Oleh karena itu betapa pentingnya meningkatkan kecerdasan anak sedini mungkin agar kita sebagai orang tua serta orang-orang di sekitarnya tidak merasakan penyesalan.
 
Pembahasan
A.    Kecerdasan
Manusia terlahir dengan sempurna suatu karunia Allah Swt memberikan kita akal dan kecerdasan, Karena tidak semua umat-Nya di karuniai akal dan kecerdasan  oleh-Nya. Kita sebagai manusia sudah sepatutnya kita senantiasa bersyukur atas segalah yang diberikan oleh Allah Swt. Para ahli banyak yang menyimpulkan mengenai kecerdasan namun saya hanya mengambil salah satunya yaitu Sujiono (2009:177) menyatakan bahwa kecerdasan adalah suatu kempuan yang menentukan cepat atau tidaknya dalam menyelesaikan masalah yang di hadapinya(Asteria, 2014, p.7).

Baca Juga :  Manajemen Pendidikan Karakter Aud Di Tk Aba Wonocolo Surabaya

Kecerdasan pada anak dibagi menjadi tiga yaitu kecerdasan inteligensi (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Tinggi atau rendahnya kecerdasan yang dimiliki tergantung pada anak itu sendiri, salah satu hal yang mempengaruhinya adalah sering tidaknya mengasah kecerdasan yang ian miliki(Asteria, 2014, p.5). 

Pos terkait