Cara meningkatkan Kecerdasan pada anak

  • Whatsapp
Undangan Digital

Kecerdasan inteligensi (IQ) adalah suatu kemapuan berpikir secara abstrak, mampu memecahkan masalah, serta beradaptasi dengan lingkunan sekitarnya(Desmita, 2013, p.163). Kecerdasan emosional (EQ) adalah suatu kemampuan yang mampu mengenali perasaan kita sendiri, dan kemampuan dalam mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri serta pada orang lain(Sabiq & M. As’ad Djalali, 2012, p.57). Sedangkan kecerdasan spiritual (SQ) adalah kecerdasan untuk mampu mengendalikan dirinya sendiri agar senantiasa berbuat positif serta mampu mendekatkan dirinya pada sang pencipta (Desmita, 2013, pp.169-175).

B.    Faktor-faktor yang meningkatkan kecerdasan pada anak
Kecerdasan yang dimiliki anak dapat meningkat akibat dipengaruhi sesuatu, berikut ini faktor-faktor yang mampu meningkatkan kecerdasan pada anak :
1.    Makanan dan minuman yang bernutrisi
Saat ini banyak sekali makanan junk food yang lebih disukai anak-anak dibandingkan makanan dan minuman yang bernutrisi. Pada kenyataannya makanan yang kaya akan nutrisi sangat mempengaruhi kinerja otak dan orang-organ tubuh lain yang dibutuhkan oleh sang anak dalam meningkatkan kecerdasan (Rusilanti, 2013, p.152).

Bacaan Lainnya

Arti dari kata nutrisi itu sendiri adalah suatu bahan kimia yang terkandung pada semua bahan makanan serta berfungsi untuk mejaga kesehatan manusia. Nutrisi yang paling utama di perlukan oleh tubuh adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan garam mineral(Mohamad, Man, & Ramli, 2015, p.5). Berikut ini beberapa makanan yang kaya akan nutrisi seperti nasi, gandum, singkong terdapat kandungan karbohidrat, makanan yang mengandung protein seperti telur, tahu, tempe, lalu makanan yang mengandung daging dapat kita temukan pada daging, makanan yang mengandung vitamin bisa kita temukan pada buah-buahan, lalu garam mineral dapat kita temukan pada sayur-sayuran(Afandie, Cholissodin, & Supianto, 2014, p.3).

Baca Juga :  Tahap Pengembangan Multimedia Pembelajaran

Selain makanan ada pula minuman yang kaya akan nutrisi yaitu susu, minuman yang kaya akan magnesium berfungsi untuk mengatur jantung dan sistem syaraf pada tubuh tahan terhadap kelelahan. Disamping itu jika anak kita beri susu lalu diiringi dengan belajar dan olahraga secara teratur mampu meningkatkan kecerdasan sang anak(Wijaya, Prayanto, & Yudani, n.d., p.2).
2.    Bermain peran
Bermain peran merupakan suatu kegiatan bermain dengan cara menirukan perilaku orang yang pernah di jumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dilakukan secara spontan, dari hal tersebut membuktikan bahawa sang anak antusiasme terhadap orang yang ia tiru. Bermainan peran ini mampu merangsang kecerdasan anak dalam berekspresi dan berkom-prehensi sekaligus oleh karena itu bermainan peran mampu meningkatkan kecerdasan(Krobo, 2014, pp. 28-29).

Pos terkait