Cara meningkatkan Kecerdasan pada anak

  • Whatsapp
Undangan Digital

3.    Motivasi
Fitrah sang anak yang suci membuat mudah menerima pembelajaran di tambah dengan dukungan dari orang-orang terdekat seperti ibu, ayah, teman-teman mampu meningkatkan kecerdasan sang anak(Diana, 2006, p.125). Bentuk motivasi dibagi menjadi dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik yaitu motivasi yang datang dari dalam dirinya sendiri tanpa adanya campur tangan dari orang lain, sedangkan motivasi ekstrinsik yaitu motivasi yang datang dari orang lain(Suyadi, 2010, p.210).

C.    Langkah-langkah meningkatkan kecerdasan pada anak
1.    Menciptakan lingkungan yang baik
Lingkungan sangat mempengaruhi prestasi dan kecerdasan anak (Surya, 2010, p.9), oleh sebab itu kita sebagai orang tua harus pandai-pandai menciptakan lingkungan baik. Jika lingkungan sekitarnya baik maka anak akan meniru hal-hal baik tersebut. Sebaliknya apabila sang anak berada dalam lingkungan yang buruk maka sang anak akan melakukan hal-hal buruk tersebut, jika sudah terpengaruh oleh lingkungan buruk disekitarnya maka mampu mempengaruhi kecerdasan dan prestasi anak tersebut(Suratno, 2014, p.94). Oleh sebab itu kita sebagai para orang tua sudah menjadi kewajiban kita untuk menciptakan lingkungan yang baik disekitar anak.

Bacaan Lainnya

2.    Tumbuhkan rasa percaya diri pada anak
Saat kita menumbuhkan rasa percaya diri pada anak hal tersebut akan mempengaruhi kecerdasan anak. Contoh jika sang anak ingin melakukan kegiatan yang menurut kita sulit, biarkan saja. Sebagai orang tua seharusnya mendukung serta membimbing anak tersebut. Serta jangan langsung beranggapan bahwa mereka tidak mampu melakukan hal tersebut,  dari hal tersebut sama saja kita menghambat rasa percaya diri pada anak. Lalu dampak yang diterima yaitu sang anak akan mudah bergantung pada orang lain saja dan tidak ada keinginan untuk berprestasi (Suratno, 2010, p.15). Apabila keinginan berprestasi maka sama saja kita menghambat kecerdasan pada anak. Oleh sebab itu betapa pentingnya menumbuhkan rasa percaya diri pada anak untuk meningkatkan kecerdasannya.

Baca Juga :  Tinjauan Tentang Budi Pekerti

Meskipun percaya diri merupakan hal yang baik untuk kecerdasan anak, namun kita sebagai orang tua juga tidak boleh membuat sang anak terlalu percaya diri. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, apabila sang anak terlalu percaya diri dikhawatirkan anak akan menjadi sombong atau riya (Salirawati, 2012, p.219).

Pos terkait