Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pada Anak Usia Dini

  • Whatsapp
Undangan Digital

Pendahuluan
Perencanaan (planning) adalah proses dasar yang digunakan untuk memilih tujuan dan cara pencapaiannya. Perencanaan merupakan tahap awal yang harus dilalui dalam semua proses manajemen pendidikan. Dalam pendidikan perencanaan selalu menjadi peranan penting dalam proses pengelolaan pendidikan termasuk dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan. Dalam tahap inilah visi dan misi sekolah direncanakan. Suatu rencana yang baik adalah yang mampu menjawab 5W 1H.

Perencanaan Sarana Dan Prasarana

Sarana dan prasarana merupakan hal yang sangat vital dan hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran atau kemudahan dalam proses pembelajaran, dalam kaitannya dengan pendidikan yang membutuhkan sarana dan prasarana dan juga pemanfaatannya dari segi intensitas maupun kreatifitas penggunaan guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien.

Bacaan Lainnya

Pembahasan
Dalam perkembangan dunia pendidikan saat ini setiap lembaga pendidikan baik formal maupun non formal berusaha untuk memberikan melengkapi fasilitas yang ada di lembagannya untuk memenuhi kebutuhan semua warga sekolah baik itu guru, staf-staf, peserta didik dan orang tua murid. Dalam upaya melengkapi fasilitas yang ada sebuah lembaga pendidikan dikatakan maju apabila ketersediaan sarana dan prasarananya memadai berkaitan dengan proses belajar peserta didik. Proses belajar mengajar dapat meningkat dengan didukung adanya sarana dan prasarana yang memadai Sarana pendidikan merupakan sarana penunjang bagi proses belajar mengajar. Hal ini merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam sebuah lembaga pendidikan karena mempengaruhi kelangsungan proses belajar mengajar.

Baca Juga :  Pentingnya Zikir Untuk Pengendalian Emosi

Sarana dan prasarana sangat diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar, agar siswa lebih berminat dan mudah menerima penjelasan dari guru. apabila sarana dan prasarana yang disediakan kurang maka dapat mempengaruhi minat siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar. Jika siswa memiliki minat dalam mebgikuti proses belajar mengajar maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Sarana merupakan peralatan dan perlengkapan yang secara langsung digunakan dan menunjang proses pendidikan khususnya proses belajar mengajar. Seperti: gedung, kelas, meja, kursi serta alat alat dan media mengajar. Adapun prasarana adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran. Seperti: halaman, taman, kebun, jalan menuju sekolah. Tetapi apabila digunakan secara langsung seperti taman sekolah untuk pengajaran biologi, halaman sekolah untuk lapangan olahraga maka itu termasuk prasarana pendidikan.

Pos terkait