Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pada Anak Usia Dini

Pendahuluan
Perencanaan (planning) adalah proses dasar yang digunakan untuk memilih tujuan dan cara pencapaiannya. Perencanaan merupakan tahap awal yang harus dilalui dalam semua proses manajemen pendidikan. Dalam pendidikan perencanaan selalu menjadi peranan penting dalam proses pengelolaan pendidikan termasuk dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan. Dalam tahap inilah visi dan misi sekolah direncanakan. Suatu rencana yang baik adalah yang mampu menjawab 5W 1H.

Perencanaan Sarana Dan Prasarana

Sarana dan prasarana merupakan hal yang sangat vital dan hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran atau kemudahan dalam proses pembelajaran, dalam kaitannya dengan pendidikan yang membutuhkan sarana dan prasarana dan juga pemanfaatannya dari segi intensitas maupun kreatifitas penggunaan guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien.

Pembahasan
Dalam perkembangan dunia pendidikan saat ini setiap lembaga pendidikan baik formal maupun non formal berusaha untuk memberikan melengkapi fasilitas yang ada di lembagannya untuk memenuhi kebutuhan semua warga sekolah baik itu guru, staf-staf, peserta didik dan orang tua murid. Dalam upaya melengkapi fasilitas yang ada sebuah lembaga pendidikan dikatakan maju apabila ketersediaan sarana dan prasarananya memadai berkaitan dengan proses belajar peserta didik. Proses belajar mengajar dapat meningkat dengan didukung adanya sarana dan prasarana yang memadai Sarana pendidikan merupakan sarana penunjang bagi proses belajar mengajar. Hal ini merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam sebuah lembaga pendidikan karena mempengaruhi kelangsungan proses belajar mengajar.

Sarana dan prasarana sangat diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar, agar siswa lebih berminat dan mudah menerima penjelasan dari guru. apabila sarana dan prasarana yang disediakan kurang maka dapat mempengaruhi minat siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar. Jika siswa memiliki minat dalam mebgikuti proses belajar mengajar maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Sarana merupakan peralatan dan perlengkapan yang secara langsung digunakan dan menunjang proses pendidikan khususnya proses belajar mengajar. Seperti: gedung, kelas, meja, kursi serta alat alat dan media mengajar. Adapun prasarana adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran. Seperti: halaman, taman, kebun, jalan menuju sekolah. Tetapi apabila digunakan secara langsung seperti taman sekolah untuk pengajaran biologi, halaman sekolah untuk lapangan olahraga maka itu termasuk prasarana pendidikan.

Baca Juga :  Model Pembelajaran

Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan proses perencanaan upaya pembelian, penyewaan, peminjaman, penukaran, daur ulang, rekondisi/ rehabilitas, distribusi atau pembuatan peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah. Proses ini hendaknya melibatkan usur-unsur penting disekolah, seperti kepala sekolah dan wakilnya, dewan guru, kepala sekolah, dan bendahara serta komite sekolah. Hal ini perlu dilakukan untuk membukamasukan dari berbagai pihak dan meningkatkan tingkat kematangan dari sebuah rencana. Suatu rencana yang baik selalu menuju sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dilandaskan atas perhitungan dan selalu mengandung kegiatan/tindakan/usaha. Sasaran perencanaan kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perencanaan yang efeketif dalam penyusunannya harus dilakukan melalui suatu rangkaian pertanyaan yang perlu dijawab dengan memuaskan:
a.  (what)
Kegiatan-kegiatan apa yang harus dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan?
b. (where)
Dimana kegiatan hendak dilaksanakan?
c.  (when) Bilamana kegiatan tersebut hendak dilaksanakan?
d. (how) Bagaimana cara melaksanakan kegiatan kearah tercapainnya tujuan?
e. (who) Pertanyaan siapa?
f. (why)

Secara filosofis, pertanyaan yang terpenting diantara rangkaian peranyaan ini ialah “mengapa” karena pertanyaan ini ditunjukkan kepada kelima pertanyaan yang mendahuluinnya. Mengapa disini diartikan mengapa sarana prasarana dalam pendukungan pembelajran. Dalam pembelajaran sarana prasarana sangatlah penting dalam menunjang karena disaat sarananya kurang maka pembelajran akan kurang efektif dan materi yang disampaikan ke anak tidak akan tersampaikan dengan baik.

Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan harus memenuhi prinsip-prinsip:
a. Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan harus betul-betul merupakan program intelektual.
b. Perencanaan didasarkan pada analisis kebutuhan melalui studi komprehensif mengenai masyarakat pendidikan dan kemungkinan pertumbuhan serta prediksi populasi sekolah.
 c. Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan harus realistis sesuai dengan kenyataan anggaran.
d. Visualisasi hasil perencanaan sarana dan prasarana pendidikan harus jelas dan rinci baik jumlah, jenis, merek, dan harganya.

Baca Juga :  Cara meningkatkan Kecerdasan pada anak

Syarat Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam kegiatan perencanaan sarana dan prasarana pendidikan (Depdiknas, 2009:8-9), ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan, sebagai berikut:
 A. Perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan harus dipandang sebagai bagian integral dari usaha peningkatan kualitas belajar mengajar.
B. Perencanaan harus jelas. Untuk hal tersebut, kejelasan suatu rencana dapat dilihat pada hal-hal berikut: a) Tujuan dan sasaran atau target yang harus dicapai serta ada penyusunan perkiraan biayaya/harga keperluasanpengadaan.
 b) Jenis dan bentuk tindakan/kegiatan yang akan dilaksanakan.
 c) Petugas pelaksana, misalnya guru, karyawa, dan ain-lain.
d) Bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
e) Kapan dan dimana pelaksaan akan dilaksanakan.
f) Harus diingat bahwa suatu perencanaan yang baik adalah yang realistis artinya rencana tersebut dapat dilaksanakan.

 C. Berdasarkan kesepakatan dan keputusan bersama dengan pihak-pihak yang terlibat dalam perencanaan.
D. Mengikuti pedoman (standar) jenis, kualitas sesuai dengan skala prioritas.
E. Perencanaan pengadaan sesuai degan platform anggaran yang disediakan .
 F. Mengikut sertakan unsur orang tua murid G. Fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan keadaan, perubahan situasi, kondisi yang tidak disangka-sangka.
H. Dapat didasarkan pada jangka pendek (1 tahun), jangka menengah (4-5 tahun), dan jangka panjang (10-15 tahun).

KESIMPULAN
Sarana dan prasarana pembelajaran PAUD mempunyai kegiatan bermain yang dapat menunjang tercapainya belajar anak yaitu alat permainan edukatif ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu alat permainan edukatif di dalam ruangan, kelas atau aula dan alat permainan edukatif diluar ruangan atau lapangan sarana prasarana perangkat pembelajaran indoor yang artinya di dalam ruangan kelas atau aula. Perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan dan penentuan skala prioritas kegiatan untuk dilaksanakan yang disesuaikan dengan ketersediaannya dan dan tingkat kepentingan.

Baca Juga :  Efektifitas Penerapan Metode Tilawati Terhadap Kualitas Membaca Alquran Di Tpq Syifaul Qolbi Surabaya

DAFTAR PUSTAKA
Arifin & Barnawi. 2016. Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Ibrahim Bafadal. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara

Tags: