Sistematika Proposal Penelitian Tindakan Kelas

Judul Penelitian
Sistematika Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK); Judul penelitian sebaiknya di tulis dengan singkat tetapi dapat menggambarkan masalah dan dan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Judul dalam penelitian tindakan kelas biasanya di tandai dengan kata “Peningkatan”. Misalnya “peningkatan hasil belajar kognitif ssiwa melalui strategi pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran….”

Sistematika Proposal PTK

Latar Belakang Masalah
Penelitian PTK dirancang untuk memecahkan masalah pembelajaran dalam dunia Pendidikan. Pada bagian ini dikemukakan secara jelas masalah-masalah yang akan diteliti dan masalah tersebut merupakan masalah nyata yang terjadi di sekolah yang akan menjadi objek penelitian kita, selain itu kemukakan secara jelas perlakukan atau metode apa yang akan diterapkan untuk memecahkan masalah tersebut.

Perumusan masalah

Rumusan masalah dalam penelitini ini, setelah diidentifikasi masalah yang akan diteliti sebaiknya masalah tersebut dirumuskan dengan memuat kalimat pertanyaan what, when, who, where, how much, and how many secara ringkas dan jelas.

Tujuan Penelitian
Pada bagian ini dikemukakan secara singkat tentang tujuan penelitian yang akan dicapai dengan mengacu kepada permasalahan.

Manfaat Penelitian
Dalam bagian ini uraikan secara rinci kontribusi apa yang akan dihasilkan dalam penelitian ini sehingga tampak jelas manfaatnya baik terhadap siswa  guru maupun pihak lain yang berkaitan dengan penelitian yang akan kita lakukan

Kajian pustaka

Diuraikan secara jelas teori yang akan digunakan yang mendasari usulan penelitian tindakan ini dilakukan. Uraian tersebut akan dipergunakan untuk menyusun kerangka berfikir yang akan digunakan dalam penelitian PTK.

Metodologi penelitian
Pada bagian metodologi ini peneliti menguraikan secara jelas prosedur penelitian ayang akan dilakukan baik itu obej, waktu, lokasi dan prosedurnya hendaknya dirinci berupa perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi serta siklus-siklus kegiatan penelitian yang mengurai indicator keberhasilan yang akan dicapai dari siklu kesiklus berikutnya.

Baca Juga :  Sistematika Proposal Penelitian

Jadwal pelaksanaan
Peneliti seharusnya membuat jadwal rencana penelitian PTK mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan penyusunan laporan. Sebaiknya jadwal ini dibuat dalam bentuk table agar lebih rinci dan jelas

Daftar pustaka
Daftar pustaka dibuat berdasarkan pedoman yang berlaku

Tags: