Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

  • Whatsapp
Undangan Digital

Anak usia dini merupakan manusia yang berumur 0-6 tahun, dimana masa tersebut disebut dengan masa emas atau golden age.  Sesuai hasil penelitian neuroscience dan psikologi yang menyebutkan pada masa tersebut perkembangan otak bertumbuh dan berkembang dengan pesat hingga 80% dari keseluruhan otak orang dewasa. Oleh karena itu berarti seluruh potensi dan kecerdasan anak mulai terbentuk pada masa itu yang masa itu tidak akan terulang lagi maka harus dimaksimalkan dengan benar. Saat ini, masyarakat Indonesia mulai sadar dan peduli akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini, terlihat dari mulai banyaknya lembaga PAUD di Indonesia sebagai salah satu lembaga penunjang dalam hal memaksimalkan potensi tumbuh dan kembang anak. Namun, nyatanya kondisi paud di Indonesia saat ini hanya terlihat memaksimalkan kognitif/akademik anak, padahal itu bukan hal yang utama, kira-kira apakah yang kurang atau salah dalam proses pembelajaran PAUD di Indonesia saat ini ?

Manajemen Pembelajaran

Tujuan adanya lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) tidak hanya menekankan terkait stimulus pengayaan pengetahuan anak tapi tentang bagaimana menstimulus pengayaan dalam hal pengetahuan anak tapi bagaimana mengembangkan kreativitas anak serta yang paling utama dalam membangun dan membentuk sikap mental serta kepribadian anak yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan norma masyarakat. Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya manajemen yang baik dan tepat dalam pengelolaan manajemen lembaga PAUD.

Bacaan Lainnya

Dalam hal ini manajemen yang dimaksud dikhususkan pada manajemen pembelajaran yang akan diberikan kepada anak didik. Manajemen secara bahasa berarti mengatur dan mengelola, dalam hal ini lebih tepatnya mengatur dan mengelola serta mengitegrasikan seluruh sumber daya yang ada secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan. Secara umum, fungsi manajemen dibagi menjadi lima hal yaitu planning yang berarti perencanaan, organizing atau mengatur sumber daya yang ada, actuating yaitu melaksanakan perencanaan yang sudah diatur, kemudian controlling atau melihat bagaimana proses pelaksanaan rencana dan yang terakhir adalah evaluating yaitu mengevaluasi hasil pelaksanaan rencana yang sudah dilakukan, dalam hal ini untuk melakukan pembenahan untuk perencanaan dan pelaksanaan selanjutnya. Dalam melakukan pembelajaran untuk anak usia dini, kelima fungsi manajemen tersebut bisa difungsikan sebagai berikut :
1.    Planning
Planing atau perencanaan merupakan proses yang sangat penting dilakukan dalam hal apapun apalagi dalam hal melakukan pendidikan yang objeknya merupakan seorang manusia. Dalam pembelajaran anak usia dini, proses planning meliputi perencanaan terkait aspek apa yang yang akan dikembangkan, materi apa yang akan diberikan, metode apa yang akan digunakan, berapa lama perkiraan waktu waktu pelaksanaan dan yang terakhir adalah media dan instrumen apa saja yang akan digunakan dalam menunjang proses pembelajaran. Setidaknya hal-hal tersebut yang harus dipikirkan sebelum melaksanakan pembelajaran.

Pos terkait