Manajemen Pengelolaan Kelas Di Tk Aisyiyah 18 Kalibutuh Surabaya

  • Whatsapp
Undangan Digital

Edukasi Kita ;
Pendahuluan
Pendidikan merupakan hal penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian manusia. Terdapat tiga syarat utama yang harus diperhatikan dalam pembangunan pendidikan agar dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yakni: (1) sarana gedung, (2) buku yang berkualitas, (3) guru dan tenaga kependidikan yang yang professional (Mulyasa, 2012: 129). Syarat tersebut merupakan fasilitas dan sumber belajar yang harus disiapkan oleh sebuah sekolah atau tempat belajar.

Pengelolaan Kelas

Menyiapkan fasilitas dan sumber belajar perlu adanya strategi dan manajemen agar mendapatkan fasilitas dan sumber belajar yang baik dan sesuai kebutuhan, seperti pengelolaan dalam kelas. Sarana gedung sebagai kelas yang sudah disiapkan oleh sekolah perlu diimbangi dengan media pembelajaran yang mumpuni dan guru yang profesional. Guru yang dapat menjalankan profesinya dengan baik akan dapat mengelola kelas sesuai kebutuhan setiap muridnya. Dalam pendidikan anak, media yang baik tidak selalu berhasil dalam sebuah pembelajaran. Guru perlu mengamati lebih dalam tentang emosi anak, kebiasaan, hal-hal yang dapat menarik perhatian anak, keterampilan anak yang berbeda dan lain sebagainya. Melalui manajemen pengelolaan kelas, guru dapat menyesuaikan antara pembelajaran dan keunikan anak, sehingga tujuan pembelajaran sampai pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan uraian di atas telah diketahui pentingnya manajemen pengelolaan kelas di pendidikan anak usia dini. Peneliti akan menggali informasi dan membandingkan dengan teori tentang manajemen pengelolaan kelas di TK Aisyiyah 18 Kalibutuh Surabaya. Beberapa fokus dalam penelitian ini terletak pada pemilihan model pembelajaran, dan kondisi fisik kelas .

Baca Juga :  Dasar-Dasar Pemilihan Media Pembelajaran

Landasan Teori
A. Pengertian Manajemen Pengelolaan Kelas
Menurut Malayu S. P. Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni dalam mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lain yang mendukung secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan tertentu (Hasibuan, 2007: 1-2). Pengelolaan kelas merupakan kegiatan-kegiatan yang mampu menciptakan dan mempertahankan kondisi optimal pada saat proses pembelajaran dari gangguan yang datang untuk merusak kondisi kelas (Rohani, 2003: 123). Jadi, manajemen pengelolaan kelas merupakan seni dalam mengatur kelas agar dapat mempertahankan kondisi optimal pada saat proses pembelajaran dan terhindar dari gangguan yang dapat merusak kondisi lingkungan kelas, serta mendukung proses pembelajaran secara efektif dan efesien agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
 B. Prinsip – Prinsip Pengelolaan Kelas Perencanaan pengelolaan kelas meliputi penataan ruangan dan mengorganisasi anak sesuai dengan kebutuhan masing – masing anak.
Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam mengelola kelas adalah sebagai berikut.
a. Kurangi kepadatan pada daerah lalu lalang anak – anak beraktifitas. Daerah yang sering dilewati oleh anak – anak seperti meja guru, bangku anak, area belajar kelompok, loker anak, dan lain lain. Pisahkan area – area yang sering dilewati oleh anak – anak dan pastikan mudah di akses oleh anak.
b. Posisi guru dapat dengan mudah melihat semua siswa. Tujuan utama dari manajemen kelas adalah guru mampu mengontrol dan mengawasi semua anak dengan cermat di dalam kelas.
c. Materi pembelajaran dan perlengkapan anak harus mudah diakses agar dapat meminimalisir waktu persiapan dan perapian, serta mengurangi keterlambatan dan gangguan dalam beraktivitas. d. Semua anak harus duduk pada tempatnya dan dapat melihat seluruh ruangan dengan mudah. Dengan kata lain dalam pembelajaran berlangsung pastikan tidak ada satupun anak yang terhalangi dalam mengikuti pembelajaran (Syaifurahman & Tri Ujiati, 2013: 111).

Pos terkait