Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

  • Whatsapp
Undangan Digital

Edukasi Kita ;
Pendahuluan
Pendidikan merupakan sesuatu hal yang wajib ditempuh oleh setiap manusia. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang no.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.  Pendidikan merupakan suatu upaya untuk mengembangkan potensi dalam diri manusia melalui kegiatan belajar mengajar. Salah satu penunjang terbesar akan berhasilnya suatu pembelajaran yakni adanya minat belajar dalam diri peserta didik. Tumbuhnya minat belajar dalam siswa dapat diciptakan dengan adanya motivasi dalam belajar.

Motivasi Belajar

Seorang anak akan terlaju untuk belajar dan mempunyai semangat jika terdapat motivator yang mendorongnya, memotivasi untuk menumbuhkan betapa pentingnya belajar untuk sebuah pendidikan dalam jiwa mereka. Motivator yang sangat berperan aktif dalam hal ini yakni pendidik (guru), karena sang guru yang akan membimbing, membina, mengarahkan, sekaligus mengantarkan anak didiknya menuju jalan yang diinginkannya.

Bacaan Lainnya

Sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk bisa menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan kepada peserta didiknya. Tidak hanya itu, guru juga diharuskan untuk bisa mengajar, mendidik, melatih potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik serta mengembangkan dan menerapkannya supaya bermanfaat dalam kehidupan nyata. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2003 pasal 40 yang dijelaskan bahwa seorang pendidik dan tenaga kependidikan harus berkewajiban untuk : 1) menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis; 2) mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan; dan 3) memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Baca Juga :  Motivasi Belajar

Tugas guru sebagai seorang pendidik tidak hanya menyampaikan materi atau pelajaran dalam kelas saja, akan tetapi juga harus bisa memberikan motivasi kepada siswa. Menurut Djamarah menjelaskan dalam yutisia, bahwa guru memiliki banyak peran dalam laju pendidikan terutama terhadap peserta didiknya yakni sebagai motivator, inspirator, inisiator, demonstrator, mediator, korektor, informator, fasilitator, pengelola kelas, pembimbing, supervisor, dan evaluator.

Pos terkait