Konsep Manajemen Kurikulum PAUD

  • Whatsapp
Undangan Digital

Edukasi Kita ;
Bab I Pendahuluan
Latar Belakang, Pendidikan PAUD menjadi sangat penting karena potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seorang terbentk pada rentang usia ini, Pentingnya masa ini sehingga usia dini sering disebut sebagai the golden age (usia emas). Para peneliti menyimpulkan bahwa perkembangan anak pada tahap beriktnya dan meningkatkan prokdutifitas kerja di masa dewasa. Anak usia dini memiliki potensi untuk menjadi lebih baik dimasa depan, namun potensi tersebut hanya dapat berkembang saat diberi rangsangan, bimbingan, bantuan, dan perlakuan yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan perkembangannya. Dalam upaya pembinaan terhadap satuan-satuan PAUD tersebut diperlukan adanya sebuah kerangka dasar kurikulm dan standar kompetensi adalah rambu-rambu yang dijadikan acuan dalam penyusunan kurikulum dan silabus (rencana pembelajaran) pada masig-masing tingkat satuan pendidikan.

Konsep Manajemen Kurikulum PAUD

Manajemen kurikulum salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran dalam pendidikan nasional. Di samping itu, kurikulum merupakan suatu sistem program pembelajaran untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan, sehingga kurikulum memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu atau berkualitas. Kurikulum merupakan program pendidikan yang disediakan oleh lembaga pendidikan (sekolah) bagi peserta didik. Berdasarkan program pendidikan tersebut siswa melakukan berbagai kegiatan belajar, sehingga mendorong perkembangan dan pertumbuhannya sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Untuk menunjang keberhasilan kurikulum, diperlukan adanya upaya pemberdayaan bidang manajemen atau pengelolaan kurikulum. Dengan kata lain, dengan program kurikuler tersebut, sekolah menyediakan lingkungan pendidikan bagi peserta didik untuk berkembang. Itu sebabnya, kurikulum disusun sedemikian rupa yang memungkinkan peserta didik melakukan beraneka ragam kegiatan belajar, kurikulum tidak terbatas pada sejumlah mata pelajaran namun meliputi segala sesuatu yang dapat mempengaruhi perkembangan peserta didik, seperti: bangunan sekolah, alat pelajaran, perlengkapan sekolah, perpustakaan, karyawan tata usaha, gambar- gambar, halaman sekolah, dan lain-lain.

Baca Juga :  Perlunya Pendidikan Berpikir Kritis

Bacaan Lainnya

Berdasarkan uraian diatas, sangat diperlukan adanya pembahasan tentang manajeman kurikulum, seperti membahas definisi kurikulum, kedudukan kurikulum, sejarah kurikulum, tugas kepalah sekolah dan guru, dan lain sebagainya. Dengan menambah wawasan kami dan para mahasiswa lainnya yang akan menjadi calon pendidik anak usia dini. Dalam hal ini kami membahas tentang “Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini”.

Pos terkait