Laporan Mini Riset Manajemen Pembelajaran AUD

2.    Pengadaan dan Pembinaan Tenaga Ahli
Dalam menyukseskan pembelajaran PAUD diperlukan pengadaan dan pembinaan tenaga ahli, sikap, pribadi, kompetensi dan keterampilan yang berkaitan dengan pembelajaran PAUD. Hal ini sangat penting dilaksanakan karena berkaitan dengan deskripsi kerja yang akan dilakukan oleh masing-masing tenaga kependidikan. Oleh karena itu, sangat diharapkan agar setiap personel memiliki pemahaman dan kompetensi yang menunjang terlaksananya pembelajaran dalam mengembangkan potensi anak usia dini secata optimal.
3.    Pendayagunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Dalam menyukseskan PAUD, perlu didayagunakan lingkungan sebagai sumber belajar secara optimal. Untuk kepentingan tersebut para guru, fasilitator dituntut untuk mendayagunakan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun sosial, serta menjalin kerja sama dengan unsur-unsur terkait yang dipandang dapat menunjang upaya pengembangan mutu dan kualitas pembelajaran.
4.    Pengembangan Kebijakan Sekolah
Pembelajaran PAUD perlu didukung oleh kebijakan-kebijakan kepala sekolah. Kebijakan yang jelas akan memberikan kelancaran dan kemudahan dalam implementasi pembelajaran. Ada beberapa kebijakan yang relevan diambil kepala sekolah dalam membantu kelancaran pengembangan pembelajaran bagi anak usia dini, yaitu:
a.    Memprogramkan perubahan kurikulumsebagai bagian integral dari program seklah secara keseluruhan.
b.    Menganggarkan biaya operasional pembelajaran PAUD  sebagai  bagian dari anggaran sekolah.
c.    Meningkatkan mutu dan kualitas guru, dan fasilitator agar  dapat bekerja secara profesional.
d.    Menyediakan sarana  dan  prasarana  yang  memadai  untuk kepentingan belajar, dan bermain anak.
e.    Menjalin kerja sama yang baik dengan unsur-unsur  terkait  secara resmi dalam kaitannya dengan pembelajaran PAUD, seperti perkebunan, pesantren, dan panti atau yayasan anak yatim11.

Baca Juga :  Contoh Laporan Mini Research Di Min Jejeran Bantul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *