Memahami Konsep Remedial Dan Pengayaan

  • Whatsapp
Undangan Digital

Edukasi Kita ;
Bab I Pendahuluan
Latar Belakang Pada hasil analisis penilaian pengetahuan dan keterampilan berupa informasi tentang peserta didik yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan peserta didik yang belum mencapai KKM. Bagi peserta didik yang belum mencapai KKM dalam suatu pelajaran, peserta didik tersebut perlu ditindak lanjuti dengan remedial, sedangkan bagi peserta didik yang telah mencapai KKM dalam suatu pelajaran, maka peserta didik tersebut akan diberikan pengayaan.
Remedial Dan Pengayaan
Terdapat remedial dan pengayaan ini dapat meningkatkan kompetensi siswa dan agar sesuai dengan KKM. Dari semua itu harus mengetahui konsep dari remedial dan pengayaan agar dapat menganalisis penilaian pengetahuan dan keterampilan. Dengan adanyamenetapkan program remedial atau pengayaan agar tercapainya pencapaian ketuntasan belajar.

B.    Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dapat kami rumuskan sebagai berikut:
1.    Apa definisi dari remedial dan pengayaan?
2.    Apa saja strategi remedial dan pengayaan?
3.    Apa saja bentuk pelaksanaan remedial dan pengayaan?
4.    Bagaimana strategi penilaian remedial dan pengayaan?

Bacaan Lainnya

C.    Tujuan Penulisan
Dari rumusan masalah yang sudah kami rumuskan di atas, maka tujuan penulisan makalah ini sebagai berikut:
1.    Mengetahui definisi dari remedial dan pengayaan.
2.    Mengetahui jenis-jenis strategi remedial dan pengayaan.
3.    Mengetahui bentuk pelaksanaan remedial dan pengayaan.
4.    Mengetahui strategi penilaian remedial dan pengayaan.

BAB II PEMBAHASAN
A.    Definisi Remidial Dan Pengayaan
1.    Definisi Remidial
Kamus Bahasa Inggris kata remedial berarti yang berhubungan dengan perbaikan. Remedial diartikan sebagai pengobatan, penawaran, serta penyembuhan yang berhubungan dengan perbaikan.  Jadi pengajaran remedial merupakan bentuk khusus pengajaran yang bertujuan untuk menyembuhkan atau memperbaiki proses pembelajaran yang menjadi penghambat atau yang dapat menimbulkan masalah atau kesulitan belajar bagi peserta didik. Dalam pembelajaran remedial siswa dibantu untuk memahami kesulitan belajar yang dihadapinya kemudian dibantu untuk mengatasi kesulitan tersebut dengan cara memperbaiki cara belajar dan sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar secara optimal serta mampu melaksanakan tugas-tugas belajar yang diberikan guru.

Pos terkait