Kenakalan Remaja

  • Whatsapp
Edukasi Kita – Remaja adalah seseorang yang sedang mengalami proses peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Ia sudah tidak lagi dikatakan sebagai anak-anak tetapi tidak cukup matang untuk dikatakan sudah dewasa. Ia sedang mengalami masa pubertas yang dapat ditandai dengan berubahnya fisik seseorang secara cepat, pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis, berubahnya bentuk tubuh, payudara semakin membesar bagi remaja perempuan, remaja laki-laki suaranya semakin membesar, dan lain sebagainya. Menurut para ahli pendidikan remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Remaja merupakan harapan bangsa untuk bisa menjadi penerus kader-kader bangsa dan menjadikan bangsa ini semakin baik. Namun, pada zaman sekarang ini perilaku remaja sering menyimpang dari norma-norma yang berlaku dan cenderung merosot. Mereka sering melakukan hal-hal yang berdampak negatif yang biasa disebut dengan kenakalan remaja.
Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja merupakan semua perilaku yang dilakukan oleh remaja yang menyimpang dari norma agama, sosial, hukum, dan adat istiadat. Seiring perkembangan zaman, kenakalan remaja semakin banyak dan menghawatirkan. Perilaku itu sangat berdampak negatif bagi dirinya sendiri dan bagi lingkungan sekitarnya. Kenakalan remaja muncul disaat seseorang mengalami masa transisi dan masa pencarian jati diri yang sesuai dengan dirinya. Beberapa contoh dari kenakalan remaja yaitu, mencuri, merampok, mengonsumsi narkoba dan sejenisnya, berjudi, pergaulan bebas, perkelahian antar pelajar, geng motor, menyalahgunakan penggunaan teknologi modern, perbuatan kekerasan dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi adanya kenakalan remaja. Faktor-faktor tersebut dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu, faktor internal dan faktor eksternal.
a.    Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh remaja itu sendiri. Faktor internal tidak dipengaruhi sama sekali oleh lingkungan sekitar, faktor ini merupakan semua yang menyangkut sosio emosional dan karakteristik orang tersebut.
1.    Krisis identitas
Krisis identitas akan kita alami sejak masa remaja sampai dewasa awal, dimana pada masa ini kita mengalami transisi dan beradaptasi terhadap perubahan fisik, perilaku, dan lingkungan. Masih banyak remaja yang tidak punya teguh pendirian sehingga mereka gampang terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, krisis identitas dapat menjerumuskan kita ke pergaulan, dan pertemanan yang kurang baik.
2.    Faktor kepribadian
Seringkali remaja masih tidak bisa membedakan mana perilaku yang berdampak positif dan mana perilaku yang berdampak negatif yang akan menjerumuskan terhadap kenakalan remaja. Begitupun bagi mereka yang sudah dapat membedakan dua perilaku tersebut, tetapi mereka tidak bisa mengontrol diri untuk berperilaku sesuai dengan pengetahuannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *