Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa

  • Whatsapp
Undangan Digital

Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Organisasi merupakan suatu wadah yang berisikan dua orang atau lebih yang digunakan untuk menyampaikan apresiasi guna mencapai tujuan bersama yang dipimpin oleh seorang ketua serta memiliki struktur keorganisasian yang jelas. 
organisasi
Pada zaman maju seperti sekarang. Banyak sekali mahasiswa maupun mahasiswi tidak mengetahui pentingnya berorganisasi bahkan sebagian dari mereka tidak pernah tau apa itu organisasi. Padahal disekitar kita banyak sekali organisasi organisasi dikalangan pelajar. Baik organisasi intra kampus maupun unit kegiatan mahasiswa lainnya.

Di perguruan tinggi sekarang mahasiswa dituntut untuk mengikuti sebuah organisasi. Organisasi digunakan untuk mengasah soft skill serta keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Selain itu, Organisasi merupakan salah satu elemen yang sangat penting yang dibutuhkan mahasiswa di rumah maupun di kampus.

Bacaan Lainnya

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian organisasi ?
2. Apa fungsi, tujuan, dan manfaat organisasi untuk mahasiswa ?
3. Bagaimana pentingnya organisasi di kalangan mahasiswa ?

 1.3Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian organisasi.
2. Untuk mengetahui fungsi, tujuan, dan manfaat organisasi
3. untuk mengetahui pentingnya organisasi di kalangan mahasiswa.

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Organisasi
Ditinjau dari pengertian organisasi secara umum dan luas. Organisasi berasal dari bahasa latin organum yang berati alat atau badan. Organisasi adalah suatu wadah yang berisikan dua orang atau lebih yang digunakan untuk menyampaikan apresiasi guna mencapai tujuan bersama. Yang dipimpin oleh seorang ketua serta memiliki struktur keorganisasian yang jelas.  

Menurut Definisi Para Ahli
Para ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian organisasi antara lain sebagai berikut :
1.    Drs. Dydiet Hardjito, M.Sc organisasi  adalah kesatuan sosial yang di koordinasikan secara sadar yang memungkinkan anggota mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai melalui individu secara terpisah.
2.    Stephen P. Robbins, Menurut definisinya, pengertian organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
3.    Herbert A. Simon (1958) mengatakan bahwa organisasi adalah suatu rencana mengenai usaha kerjasama yang mana setiap peserta mempunyai peranan yang diakui untuk dijalankan dan kewajiban-kewajiban atau tugas-tugas untuk dilaksanakan.
4.    Chester I. Bernard, Menyatakan bahwa organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
5.    Dr. Hj. Erni  Rernawan, S.E., M.M., Organisasi merupakan suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut  suatu pola tertentu sehingga setiap anggota organisasi memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing, sebagai suatu kesatuan yang memiliki tujuan tertentu dan mempunyai batas-batas yang jelas, sehingga bisa dipisahkan.

Pos terkait