Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa

Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Organisasi merupakan suatu wadah yang berisikan dua orang atau lebih yang digunakan untuk menyampaikan apresiasi guna mencapai tujuan bersama yang dipimpin oleh seorang ketua serta memiliki struktur keorganisasian yang jelas. 
organisasi
Pada zaman maju seperti sekarang. Banyak sekali mahasiswa maupun mahasiswi tidak mengetahui pentingnya berorganisasi bahkan sebagian dari mereka tidak pernah tau apa itu organisasi. Padahal disekitar kita banyak sekali organisasi organisasi dikalangan pelajar. Baik organisasi intra kampus maupun unit kegiatan mahasiswa lainnya.

Di perguruan tinggi sekarang mahasiswa dituntut untuk mengikuti sebuah organisasi. Organisasi digunakan untuk mengasah soft skill serta keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Selain itu, Organisasi merupakan salah satu elemen yang sangat penting yang dibutuhkan mahasiswa di rumah maupun di kampus.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian organisasi ?
2. Apa fungsi, tujuan, dan manfaat organisasi untuk mahasiswa ?
3. Bagaimana pentingnya organisasi di kalangan mahasiswa ?

 1.3Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian organisasi.
2. Untuk mengetahui fungsi, tujuan, dan manfaat organisasi
3. untuk mengetahui pentingnya organisasi di kalangan mahasiswa.

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Organisasi
Ditinjau dari pengertian organisasi secara umum dan luas. Organisasi berasal dari bahasa latin organum yang berati alat atau badan. Organisasi adalah suatu wadah yang berisikan dua orang atau lebih yang digunakan untuk menyampaikan apresiasi guna mencapai tujuan bersama. Yang dipimpin oleh seorang ketua serta memiliki struktur keorganisasian yang jelas.  

Menurut Definisi Para Ahli
Para ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian organisasi antara lain sebagai berikut :
1.    Drs. Dydiet Hardjito, M.Sc organisasi  adalah kesatuan sosial yang di koordinasikan secara sadar yang memungkinkan anggota mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai melalui individu secara terpisah.
2.    Stephen P. Robbins, Menurut definisinya, pengertian organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
3.    Herbert A. Simon (1958) mengatakan bahwa organisasi adalah suatu rencana mengenai usaha kerjasama yang mana setiap peserta mempunyai peranan yang diakui untuk dijalankan dan kewajiban-kewajiban atau tugas-tugas untuk dilaksanakan.
4.    Chester I. Bernard, Menyatakan bahwa organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
5.    Dr. Hj. Erni  Rernawan, S.E., M.M., Organisasi merupakan suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut  suatu pola tertentu sehingga setiap anggota organisasi memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing, sebagai suatu kesatuan yang memiliki tujuan tertentu dan mempunyai batas-batas yang jelas, sehingga bisa dipisahkan.

B.  Fungsi, tujuan, dan manfaat organisasi
     Fungsi organisasi
1.    Memberikan wawasan baru kepada anggotanya.
2.    Memberikan kontrol dan  pemusatan yang baik agar mendapatkan timbal balik yang positif dari organisasi tersebut serta lebih terarah pada tujuan yang ingin dicapainya .
3.    Meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill anggota agar lebih professional.

Baca Juga :  Lunturnya Budaya Sopan Santun Peserta Didik Kelas Vi Mi Islamiyah Banjarsari Buduran Sidoarjo

Tujuan organisasi
1.    Untuk merealisasikan keinginan atau harapan dan cita cita bersama para anggota organisasi atau kelompok.
2.    Untuk mengembangkan karya, ide, serta kemampuan yang dimiliki mahasiswa.
3.    Untuk melatih kemampuan dalam berorganisasi serta kemandirian para anggotanya.

Manfaat organisasi
1.    Melatih jiwa kepemimpinan.
2.    Mengasah kemampuan sosial serta manajemen waktu yang tepat.
3.    Melatih public speaking seorang mahasiswa.

C.  Pentingnya organisasi di kalangan mahasiswa
Mahasiswa merupakan agent of change yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam menjalankan amanah tersebut mahasiswa dituntut lebih aktif serta kritis dalam menghadapi sesuatu. Organisasi merupakan tempat untuk mengasah berbagai hal termasuk dua hal diatas.  dalam berorganisasi kita akan terasah maupun terlatih dalam suatu kebersamaan dengan orang lain dengan melupakan masing-masing ego yang dimiliki setiap orang. Selain itu, organisasi merupakan sarana yang paling efektif  untuk meningkatkan kualitas diri seseorang.

Sejatinya organisasi merupakan suatu yang sangat sulit dipisahkan dengan mahasiswa yang sedang belajar didalam maupun di luar kampus. Organisasi merupakan elemen sangat penting sebagai alat penunjang mahasiswa saat mereka sedang berproses. Namun, dibalik itu semua kebanyakan mahasiswa masih tidak sadar akan pentingnya organisasi tersebut yang menyebabkan sedikit mahasiswa yang mau bergabung dengan organisasi- organisasi yang ada. 

Dalam berorganisasi, kita dapat mengetahui dunia kampus lebih luas. Dalam berorganisasi seseorang harus mempunyai mental. Jika kita sudah punya mental untuk mengikuti sebuah organisasi, maka kita akan dipermudah untuk melanjutkan perjalan organisasi di kala selanjutnya.. Berbeda dengan orang yang tidak pernah mengikuti organisasi, jangankan untuk berbicara di depan orang ramai, berdiskusi dengan ruang lingkup kecil pun dia tidak sanggup untuk menyalaurkan pendapatnya. Oleh karena itu organisasi dianggap sangat penting bagi mahasiswa.

Baca Juga :  Prinsip-Prinsip Evaluasi Pembelajaran

seorang mahasiswa  merupakan generasi penerus bangsa dan sebagian dari kita  akan  menjadi tokoh masyarakat atau pun kembali ke dalam masyarakat itu sendiri. Dalam kehidupan bermasyarakat pun juga di butuhkan kemampuan berorganisasi misalnya bermusyawarah dan bergaul.

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Organisasi merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan mahasiswa sebagai alat penunjang mahasiswa saat mereka sedang berproses. Sejatinya organisasi merupakan sesuatu yang sangat sulit dipisahkan dengan mahasiswa yang sedang belajar didalam maupun di luar kampus. Selain itu, organisasi  merupakan suatu wadah yang digunakan untuk menampung segala sesuatu yang ada di dalam diri mahasiswa untuk dikembangkan sehingga tidak terbuang sia-sia.

B. Saran
Masih banyak mahasiswa yang menganggap bahwa organisasi hanya akan mengganggu jam perkuliahan, padahal dari paparan di atas organisasi sangatlah penting bagi mahasiswa. Organisasi dikampus mengajari kita untuk bekerjasama dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Oleh karena itu sebaiknya para mahasiswa ikut berpartisipasi dalam suatu organisasi. Karena, organisasi merupakan sarana yang paling efektif  untuk meningkatkan kualitas diri seorang mahasiswa.

DAFTAR PUSTAKA
Alisamiun,http://www.informasiahli.com/2015/08/pengertian-organisasi-tujuan-dan- fungsinya.html# Diunduh pada 22 Nov 2018 pukul 19.20
JoshuaM,http://cdc.eng.ui.ac.id/index.php/menu-artikel/1053-manfaat-aktif-di-     organisasi- bagi-mahasiswa.html Diunduh pada 21 Nov 2018 pukul 18.30
Mesiono, Manajemen dan Organisasi, Bandung : Citapustaka Media Perintis, 2010
Syakur Chaniago, Nasrul, Manajemen Organisasi, Bandung : citapustaka Media Perintis, 2011.
Rernawan, Erni, Organization culture, budaya organisasi dalam perspektif  ekonomi dan bisnis, Bandung : Alfabeta 2011.

Oleh : Hanyfa Maulidiyah

Tags: