Manajemen Kesiswaan

  • Whatsapp
Undangan Digital
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
Manajemen kesiswaan merupakan suatu gabungan kata antara manajemen dan kesiswaan yang mana itu dibentuk dengan tugas-tugas untuk mendampingi dan membantu perkembangan siswa dari mereka mulai mendaftarkan diri hingga nanti ketika mereka sudah menyelesaikan studinya.
Manajemen Kesiswaan
Suatu keberhasilan dalam penyelenggaraan lembaga kependidikan bergantung dengan semua komponen-komponen manajemen salah satunya manajemen kesiswaannya. Kepala sekolah sebagai pemeran penting dalam pengelolaan sekolah bertanggung jawab atas berlangsungnya prosen pendidikan di suatu sekolah yang mereka pimpin. Kepala sekolah  dituntuk untuk mau dan mampu melakukan sebuah upaya pengembangan dalam pengelolaan sekolah antara lain dengan membentuk suatu manajemen kesiswaan karena keberadaan siswa sangat penting terutama untuk pelaksanaan kegiatan pendidikan disekolah. Siswa merupakan suatu subyek sekaligus sebuah obyek dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang mereka perlukan untuk bekal di masa depan.

Bacaan Lainnya

Suatu sekolah sangat memerlukan manajemen kesiswaan untuk menunjang tumbuh kembang semua peserta didiknya baik dalam segi potensi fisik, kecerdasan, intelektual, sosial dan kejiwaannya. Kebutuhan dalam pengembangan diri siswa berbeda-beda untuk pemerioritasannya, seperti ada siswa yang ingin baik di segi akademik mereka, ada juga ingin baik di segi sosialisasi dengan teman sebayanya, dan ada juga baik dalam segala hal. Dari keberagaman keinginan tersebut maka diperlukan suatu pelayanan  yang dikelola dengan baik untuk melayani keinginan peserta didik. Manajemen kesiswaan lah yang harus perupaya untuk melayani kebutuhan mereka di mulai dari saat mereka baru mendaftarkan diri ke sekolah sampai nanti ketika mereka sudah meyelesaikan studinya disekolah tersebut.

B.    Rumusan Masalah
1.    Apa Pengertian Manajemen Kesiswaan ?
2.    Apa Tujuan dan Fungsi Manajemen Kesiswaan ?
3.    Apa Prinsip-prinsip Manajemen Kesiswaan ?
4.    Apa Ruang Lingkup Manajemen Kesiswaan ?
5.    Laporan Hasil Mini Riset Manajemen Kesiswaan

Baca Juga :  Motivasi Belajar

C.    Tujuan
1.    Untuk menegetahui pengetian dari manajemen kesiswaan
2.    Untuk mengetahui tujuan dan fungsi dari manajemen kesiswaan
3.    Untuk mengetahui prinsip-prinsip dalam manajemen kesiswaan
4.    Untuk mengetahui ruang lingkup yang dimiliki manajemen kesiswaan
5.    Untuk melaporkan hasil dari mini riset tentang manajemen kesiswaan

Pos terkait