Pengaruh Budaya Luar Terhadap Budaya Indonesia

  • Whatsapp
Undangan Digital
Edukasi Kita – Di era globalisasi, yang dimana zaman semakin maju dan teknologi semakin canggih adalah tantangan bagi setiap negara untuk mempertahankan kebudayaannya agar tidak tercampur dengan budaya luar. Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka ragam kebudayaan dan disetiap budaya terdapat nilai seni yang tinggi. Kebudayaan asing yang masuk telah memberikan pengaruh terhadap kebudayaan di Indonesia. Namun, tidak semua budaya luar yang masuk membawa dampak negatif tetapi ada sisi positifnya juga.
Budaya Indonesia

Pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Kebudayaan menyangkut seluruh Cara hidup manusia yang dianut masyarakat guna mencapai taraf hidup yang lenih baik . Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. (dikutip dari http://wahyurosidin.blogspot.com)

Bacaan Lainnya

Memang benar pada kondisi saat ini kebudayaan Indonesia mulai ditinggalkan bahkan sebagian masyarakat indonesia malu akan kebudayaannya sebagai jati diri sebuah bangsa. Setiap negara pasti mempunyai kebudayaan tersendiri. Negara kita juga punya kebudayaan sendiri yang dimana warga negaranya akan melestarikan budayanya. Warga Negara Indonesia yang dikenal dengan budaya timur dengan segala kesopanan dan adat istiadat yang baik.

Dari sekian banyak budaya yang masuk ke Indonesia, diantaranya adalah budaya barat. Barat, sesuai namanya, merupakan produk perkembangan di bagian barat dunia yang menekankan individualitas dan kebebasan. Hal tersebut terlihat dengan seringnya orang-orang terutama remaja Indonesia keluar-masuk pub, diskotik dan tempat hiburan malam lainnya, dengan berbagai perilaku menyimpang yang menyertainya dan sering melahirkan komunitas tersendiri terutama di kota-kota besar dan metropolitan. Dalam hal ini terjadinya berbagai kasus penyimpangan seperti penyalah gunaan zat adiktif, berbagai bentuk pelanggaran susila dan lain sebagainya. Ini salah satu bentuk dampak negatif yang dibawa oleh budaya barat.

Pos terkait