Penggunaan Media Sosial Di Era Masa Kini

Edukasi Kita – Media sosial menurut wikipedia Bahasa Indonesia adalah sebuah media dengan kelompok aplikasi berbasis internet yang di dalamnya terdapat para penggunanya dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan suatu hal yang dapat dinikmati dan dilihat oleh seluruh dunia dengan cara mengakses situs laman. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 
Penggunaan Media Sosial Di Era Masa Kini
Menurut saya, setiap orang cara mereka untuk menggunakan media sosial berbeda-beda, ada yang menggunakannya secara positif ada juga yang negatif. Misalnya kita menggunakan media sosial untuk saling komunikasi dengan keluarga,teman atau orang lain itu adalah hal positif contoh lain misal kita dan teman kita sedang kehilangan sesuatu seperti kehilangan handphone atau kehilangan barang berharga lainnya kita bisa posting di media sosial tujuannya jika orang lain melihat bisa menghubungi kita, itu merupakan hal positif. Sisi negatifnya

seperti contoh seorang reporter yang menyalahgunakan fungsi media itu sendiri, sebagai contoh “mungkin” ada beberapa reporter yang melebih lebihkan cerita yang mereka buat demi keperluan berita yang  supaya berita yang mereka buat di laman web nya banyak di baca dan di dengar orang. Nah, mereka sengaja membuat berita hoax untuk menarik pembaca atau orang yang mendengar tertarik untuk membaca atau mendengarnya.

Dengan banyak orang yang membaca atau mendengarnya otomatis berita yang mereka tulis menjadi tranding topic dan pastinya itu akan menjadikan bonus untuk mereka. Tapi tidak seluruh orang menggunakan media sosial dengan hal yang negatif saja, banyak dengan sumbangan aplikasi-aplikasi yang ada saat ini menjadikan banyak orang merasa terbantu dengan lebih meringakan pekerjaan mereka, saya disini mengambil contoh pada zaman sekarang ini kita dimudahkan untuk berbelanja online,

Baca Juga :  Prosedur penilaian pendidikan anak usia dini

seperti keperluan rumah tangga, pakaian, kebutuhan elektronik dll sehingga membuat waktu kita lebih efisien untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.contoh kedua dengan adanya aplikasi bimbingan belajar online dapat memudahkan siswa siswi untuk belajar dimana saja dan kapan saja, dan yang paling booming saat ini adalah Youtube, youtube sekarang sudah hampir menggantikan posisi televisi karena didalamnya kita bisa melihat hiburan, gosip, ceramah agama, tutorial dll, sudah dapat diakses disana. Itu semua di sebabkan karena kemajuan teknologi dan zaman. 

Dengan ini, mari kita menggunakan media sosial dengan bijak. Jadilah warga negara indonesia yang patuh akan peraturan pemeritah dan stop hoax.
Oleh  Rahma Dluha Dwiyana

Tags: