Konsep Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Edukasi Kita – Pendidik adalah seseorang yang bertugas merencanakan kegiatan pembelajaran, membimbing dan menilai hasil belajar peserta didik. Sedangkan, Kependidikan adalah suatu anggota yang mengabdi kepada masyarakat untuk menunjang pendidikan yang lebih baik. Tidak hanya itu tenaga pendidik juga bertugas mengurus keadministrasian, pengelolaan, pengembangan dan pelayanan sekolah.  Untuk tenaga pendidik dan kependidikan ini adalah suatu profesi yang dapat dikatakan sama, dikarenakan antara tenaga pendidik dan kependidikan memiliki hubungan yang berkesinambungan yang dapat menunjang pendidikan lebih maju. 
Konsep Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Tenaga pendidik dan kependidikan ini memiliki peran penting dalam membentuk watak, karakteristik, kepribadian dan nilai-nilai, seperti nilai agama dan moral. Sehubungan dengan tuntutan keprofesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, maka semakin banyaknya desakan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu penting memahami tentang konsep manajemen tenaga pendidik dan kependidikan  agar dapat mengelolah sekolah dengan pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Sebelum memahami konsep manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, kita harus tau arti manajemen dan tenaga pendidik dan kependidikan.

Kata manajemen berasal dari bahasa inggris, to manage yang artinya mengatur atau mengelola. Menurut Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 5 dan 6 yang dimaksut dengan tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya serta berpartisipasi dalam menyelenggaraan pendidikan. 

Jadi manajemen tenaga pendidik dan kependidikan adalah aktivitas yang melalui tenaga pendidik dan kependidikan termasuk kedalam organisasi pendidikan sampai akhir berhenti melalui proses perencanaan SDM (Sumber Daya Manusia), perekrutan, seleksi, penempatan, pemberian, kompensasi, penghargaan, pendidikan dan latihan / pengembangan dan pemberhentian. Menurut Soebagio Atmodiwirio 2003:23, Manajemen pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Menurut Engkoswara 2001:2, Manajemen pendidikan merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktif dan bagaimana menciptakan suasa yang baik bagi manusia yang turut serta didalam mencapai tujuan yang disepakatinya. Menurut Hadari Nawawi 1981: 11, Manajemen pendidikan ialah rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan, secara berencana dan sistematis yang diselengarakan dilingkungan  tertentu, terutama lembaga pendidikan formal. Pengertian diatas yakni dari beberapa ahli yang mengungkapkan tentang manajemen pendidikan.

Selain itu ruang lingkup manajemen pendidik dan kependidikan yakni berdasarkan wilayah kerja, objek garapan, fungsi dan pelaksanaan.
1.    Berdasarkan wilayah kerja yaitu manajemen pendidikan disatu negara atau tingkat nasional, manajemen pendidikan dalam satu provinsi, manajemen pendidikan dalam satu kabupaten / kota, manajemen pendidikan satu unit kerja, dan kegiatan terkecil dalam manajemen bidang pendidikan.
2.    Berdasarkan objek garapan yaitu, manajemen siswa, manajemen personil-personil dalam sekolah, kurikulum sekolah, manajemen prasarana/ material, manajemen tata usaha sekolah atau tata laksana pendidikan, pengaturan anggaran pendidikan, manajemen lembaga atau organisasi pendidikan, manajemen hubungan masyarakat atau manajemen komunikasi pendidikan.
3.    Berdasarkan fungsi terdapat urutan kegiatannya yaitu, merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengkomunikasikan, mengawasi ataupun mengevaluasi.
4.    Berdasarkan pelaksana, selain guru berperan sebagai fasilisator guru juga beperan sebagai administrator yakni menjadi manajer didalam  kelas.

Baca Juga :  Manfaat Multimedia dalam Representasi Konsep Kimia

Setelah kita mempelajari ruang lingkup manajemen pendidik dan kependidikan terdapat fungsi atau peran manajemen pendidikan yakni pertama perencanaan (Planing), kedua melakukan pengorganisasian (Organizing), ketiga pelaksanaan (Implementation), dan keempat pengawasan (Controlling). Terdapat tujuan manajemen pendidikan, tujuan utaman manajemen pendidikan adalah membentuk kepribadian para pelajar agar sesuai dengan tujuan dari pendidikan nasional dan tingkat perkembangan atau perbaikan untuk pendidikan, tujuan dan manfaat sebagai berikut :
1.    Terwujudnya suasana belajar dan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan bermakna.
2.    Terciptanya peserta didik yang aktif mengembangkan potensi diri untuk mempunyai kekuatan spritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
3.    Terpenuhinya salah satu dari 5 kompetensi tenaga kependidikan.
4.    Tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
5.    Terbekalinya tenaga pendidikan dengan teori tentang proses dan tugas administrasi pendidikan.
6.    Teratasinya masalah mutu pendidikan karena 80% masalah mutu disebabkan oleh manajemennya.
7.    Terciptanya perencanaan pendidikan yang merata, bermutu, relevan, dan akuntabel.
8.    Meningkatnya citra positif pendidikan.

Bahwasannya konsep manajemen pendidik dan kependidikan terdapat tujuan utama untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan lebih maju dan berkembang. Konsep manajemen pendidik dan kependidikan memiliki arti manajemen pendidik, ruang lingkup manajemen pendidikan, fungsi manajemen pendidikan , dan tujuan atau manfaat manajemen pendidik dan kependidikan.

DAFTAR PUSTAKA
https://www.google.com/amp/s/elfalasy88.wordspress.com/2010/11/30/manajemen-tenaga-pendidik-dan-tenaga-kependidika/amp/
https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/manajemen-pendidikan.html
Oleh : Diana Magareta

Tags: