Peran Ibu Dalam Mendidik Anak Menurut Pandangan Islam

  • Whatsapp
Undangan Digital
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran seorang ibu dalam mendidik anaknya menurut pandangan islam. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran ibu dalam mendidik anak  yang sesuai dengan segi pandang islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan minggu, 25-26 Mei 2019 di desa Kebonagung kecamatan Wonodadi kabupaten Blitar. Hasil penelitian menjelaskan bahwa seorang ibu hendaklah mengetahui bagaimana peran mereka dalam mendidik anak dalam segi pandang islam. Dari berbagai sumber dijelaskan bahwasanya ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya, sehingga sudah seharusnya bagi seorang ibu untuk mendidik anaknya dengan baik yang disisipi dengan aqidah, syariat dan akhlak serta karakter nilai-nilai keislaman, yang mana bisa dimulai ketika masih berada dikandungan. Ditambah, kiranya orang tua terutama seorang ibu mampu memberikan keteladanan atau contoh berperilaku yang baik sebagai pembiasaan terhadap anak terutama dalam hal keagamaan seperti sholat, puasa, zakat, sedekah dan lain-lain.
Keyword : Ibu,Mendidik, Anak, Islam 
Peran Ibu Dalam Mendidik Anak Menurut  Pandangan Islam
Pendahuluan
Islam adalah agama yang mengatur seluruh kehidupan manusia di dunia ini, baik dari urusan sederhana sampai urusan yang dianggap rumit. Terutama masalah pendidikan, Allah SWT menciptakan manusia dengan berbagai potensi baik dari segi jasmani maupun rohani serta membekalinya dengan akal agar manusia memanfaatkannya untuk berfikir dan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Menurut Mustafa Al-Ghalayain, pendidikan adalah usaha menanamkan akhlak terpuji dalam jiwa anak-anak. Akhlak yang sudah tertanam itu harus terus disirami dengan bimbingan dan nasehat, sehingga menjadi watak atau sifat yang melekat dalam jiwa. Sesudah itu, buah tanaman akhlak itu akan tampak berupa amal perbuatan yang mulia dan baik serta gemar bekerja demi kebaikan negara. 

Baca Juga :  Sisi Baik Dan Buruk Belajar Online

Bacaan Lainnya

Dalam dunia pendidikan, dikenal ungkapan yang mengatakan bahwa pendidikan keluarga adalah pendidikan pertama dan utama. Dikatakan pendidikan pertama karena anak pertama kali menerima pendidikan adalah dari keluarga dan dikatakan utama karena pendidikan dalam keluarga paling berkesan pada kehidupan seseorang. Pendidikan dalam keluarga merupakan aspek penting dalam pembentukan perilaku seseorang. Pada umumnya pendidikan dalam keluarga dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai agama, etika, budi pekerti, serta tingkah laku yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pos terkait