Kurangnya Lapangan Pekerjaan di Pulau Jawa

  • Whatsapp
Undangan Digital
Pekerjaan dapat diartikan (Sjafrizal, 2012) sebagai suatu kegiatan yang dilakukan seseorang yang akan menghasilkan uang. Pekerjaan merupakan sebuah kebutuhan untuk setiap orang yang sudah memasuki usia produktif untuk membiayai kehidupannya. Salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan cara menjadi salah satu kariyawan swata atau kariyawan kantor. Yang dapat diperoleh dari informasi lowongan pekerjaan. Pada era globalisasi sekarang ini informasi lowongan pekerjaan sangatlah susah bahkan jarang sekali untuk ditemukan. Sehingga antara pekerja dan lowongan pekerjaan menjadi tidak seimbang. Terlalu banyak penggangguran.
Kurangnya Lapangan Pekerjaan di Pulau Jawa
Salah satu daerah di Indonesia yang kami ambil contoh adalah Pulau Jawa. Pulau Jawa dikenal dengan adanya ibukota Indonesia. Jakarta. Namun tak semua wilayah Jawa tingkat pengganggurannya rendah. Dibeberapa daerah pulau jawa penggangguran masih sangatlah banyak. Penyebabnya dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:
1.    Jumlah pelamar dengan lowongan pekerjaan tidak seimbang
Jumlah penduduk yang membeludak di daerah Jawa tidak di imbangi dengan berkembangnya lapangan pekerjaan yang menyebabkan semakin banyaknya para lulusan muda yang menganggur menunggu adanya lowongan pekerjaan. Penggangguran pun semakin bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk.

2.    Keterampilan pelamar tidak sesuai kriteria
Perusahaan yang mempunyai lowongan pekerjaan membutuhkan pegawai sesuai dengan kriteria keterampilan sesuai dengan posisi yang akan di tempati oleh calon pegawai. Namun hal itulah yang menjadi masalah ketika sebuah perusahaan membutuhkan beberapa pegawai dengan keterampilan yang tinggi. Sehingga hanya sedikit pelamar yang memiliki banyak keterampilan untuk mendukung posisinya di suatu perusahaan.

Bacaan Lainnya

3.    Kemajuan teknologi
Di era globalisasi perkembangan teknologi sangatlah di perhitungkan. Teknologi yang semakin maju akan memudahkan para pencari lowongan pekerjaan mendapatkan informasi. Seiring berkembangnya teknologi membuat banyak perusahaan membutuhkan sedikit pekerja karena posisi mereka sudah tergantikan adanya teknologi baru seperti robot. Alasan perusahaan menggunakan robot karena menurut mereka lebih murah dan hasil pekerjaan lebih rapi, cepat dan akurat. Sehingga banyak perusahaan yang menggunakan robot dari pada tenaga manusia.

Baca Juga :  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat

Karena hal tersebut lapangan pekerjaan di jawa semakin sedikit peluangnya. Permintaan pasar yang menginginkan barang murah dan juga berkualitas menuntut produsen menciptakan suatu barang yang murah dan berkualitas. Dengan adanya kemajuan teknologi dan berkembangnya iptek di manfaatkan oleh para produsen menciptakan hal baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Namun dapat berdampak buruk pada para penduduk disekitar perusahaan ataupun pekerja yang sebelumnya bekerja di perusahaan tersebut. Karena tenaga manusia yang kurang terampil akan di gantikan oleh mesin.

4.2    perkembangan kerajinan tangan sangat diandalkan untuk membuka lapangan pekerjaan
Kerajinan tangan sangatlah diandalkan di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Kita sebagai generasi muda di tuntut untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan yang dapat mempekerjakan banyak  penduduk agar mengurai pengangguran dan dapat menambah penghasilan pekerja tersebut. Mengapa kerajinan tangan sangat di andalkan. Karena hanya dengan modal yang sedikit dan kreatifitas yang tinggi kita sudah dapat membuka lapangan pekerjaan dirumah. Atau lebih dikenal hanmade. Kita dapat membuat kerajinan tangan dari daur ulang sampai kerajinan tangan yang mahal. Bahkan jika kerajinan tangan tersebut sudah sangat dikenal dan kualitasnya terjamin kita dapat menjualnya sampai ke luar negeri. Contoh produk kerajinan tangan yang dapat

Pos terkait