Manajemen Sarana Dan Prasarana PAUD

Pengantar
Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen. Salah satunya adalah sarana dan prasarana yang  dibutuhkan dalam proses belajar mengajar disekolah.
Manajemen Sarana Dan Prasarana PAUD 
Sarana dan prasarana merupakan hal yang sangat vital dan hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran atau kemudahan dalam proses pembelajaran, dalam kaitannya dengan pendidikan yang membutuhkan sarana dan prasarana dan juga pemanfaatannya dari segi intensitas maupun kreatifitas dalam penggunaanya oleh guru maupun oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik  yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidkan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien.

Dalam perkembangan dunia pendidikan saat ini setiap lembaga pendidikan baik formal maupun non formal berusaha untuk memberikan melengkapi fasilitas yang ada di lembagannya untuk memenuhi kebutuhan semua warga sekolah baik itu guru, staf-staf, peserta didik dan orang tua murid. Dalam upaya melengkapi fasilitas yang ada sebuah lembaga pendidikan dikatakan maju apabila ketersediaan sarana dan prasarananya memadai berkaitan dengan proses belajar peserta didik. Proses belajar mengajar dapat meningkat dengan didukung adanya sarana dan prasarana yang memadai

Sarana pendidikan merupakan sarana penunjang bagi proses belajar mengajar. Hal ini merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam sebuah lembaga pendidikan karena mempengaruhi kelangsungan proses belajar mengajar. Sarana dan prasarana sangat diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar, agar siswa lebih berminat dan mudah menerima penjelasan dari guru.

B.    Pembahasan
Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan dan perabot secara langsung digunakan dalam proses pendidikan disekolah, sehingga fungsinya menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran karena merupakan penunjang proses belajar siswa. Prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang proses pendidikan disekolah.

Pengertian sarana dan prasarana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggarannya sutu proses (usaha, pembangunan, proyek). Untuk lebih memudahkan membedakan keduanya. Sarana lebih ditunjukkan untuk benda-benda yang bergerak seperti komputer dan mesin-mesin, sedangkan prasarana lebih ditujukan untuk benda-benda yang tidak bergerak seperti gedung.

Baca Juga :  Efektifitas Penerapan Metode Tilawati Terhadap Kualitas Membaca Alquran Di Tpq Syifaul Qolbi Surabaya

Pengertian sarana dan prasarana menurut Ketentuan Umum Permendiknas (peraturan menteri Pendidikan Nasional) No.24 Tahun 2007. Sarana dalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah- pindah, sedangkan prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah. Sarana pendidikan antara lain gedung, ruang kelas, eja, kursi serta alat-alat media pembelajaran. Sedangkan yang termasuk prasarana antara lain seperti halaman, taman, lapangan, jalan menuju sekolahdan lain-lain.

Secara Umum, sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alatdan bahan untuk mencapai maksud dan tujuan dari suatu proses produksi. (contohnya: sabit, cangkul, dll). Prasarana adalah segala sesatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya produksi. (contohnya: lahan, jalan, parit,pabrik, tempat kerja, dll).

Pengertian sarana dan prasarana secara umum adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana.

Manajemen sarana dan prasarana pendidikan didefinisikan sebagai proses kerjasama pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif dan efisien (Bafadal, 2008). Sederhana sarana dan prasarana sekolah dapat didefinisikan sebagai proses kerja pendayagunaan semua perlengkapan pendidikan secara efektif dan efisien.

Menurut Depdiknas (dalam Barnawi dan Arifin 2012: 47) “sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan disekolah. Berkaitan dengan ini prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pendidikan disekolah.” Artinya sarana pendidikan merupakan perangkat yang menunjang dalam kegiatan belajar mengajar disekolah secara langsung, seperti meja, kursi, gedung, ruang kelas, dan sebagainya. Sedangkan prasarana pendidikan merupakan perangkat yang menunjang dalam kegiatan belajar mengajar disekolah secara tidak langsung, seperti jalan menuju ke sekolah, taman sekolah,  halaman sekolah, dan sebagainya.

Baca Juga :  Prinsip-Prinsip Pengelolaan Kelas

Sarana dan prasarana adalah perlengkapan untuk mendukug penyelenggaraan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan. Pengadaan sarana dan prasarana perlu disesuaikan dengan jumlah anak, kondisi sosial, budaya, dan jenis layanan PAUD. Sarana dan prasarana pembelajaran PAUD mempunyai kegiatan bermain yang dapat menunjang tercapainya belajar anak yaitu alat permainan edukatif ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu alat permainan edukatif di dalam ruangan, kelas atau ula dan alat permainan edukatif diluar ruangan atau lapangan sarana prasarana perangjat pembelajaran indoor yang artinya di dalam ruangan kelas atau aula.

Moenir (1992:119) menemukakan bahwa sarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama / pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja. Pengertian yang dikemukakan oleh Moenir, jelas memberi arah bahwa sarana dan prasarana adalah merupakan seperangkat alat yang diganakan dalam sutu proses kegiatan baik alat tersebut adalah merupakan peralatan pembantu maupun peralatan utama, yang keduanya berfungsi untuk mewujudkan tujuan yang hendak tercapai.

Menurut E. Mulyasa, sarana pendidikan adalah peraltan dan perlengkapan yang secara langsung digunakan dan menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar, seperti bangunan, ruang kelas, meja, kursi, serta alat-alat dan media pembelajaran.

Sarana pendidikan merupakan sarana penunjang bagi proses belajar mengajar. Menurut pasukan penyusun pedoman pembakuan Media Pendidikan Departmen Pendidikan dan Kebudayaan, yang dimaksud dengan: sarana pendidikan adalah semua keperluan yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar tercapainnya tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif, dan efisien.
Sedangkan pengertian prasarana secara etimologis (arti kata) prasarana berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan. Dalam pendidikan misalnya: lokasi,/tempat, bangunan, sekolah, lapangan olahraga, uang dan sebagainya. Sedang sarana seperti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan, misalnya: ruang, buku, perpustakaan, laboratorium dan sebagainya.

Baca Juga :  Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pada Anak Usia Dini

C.    Penutup
Sarana dan prasarana merupakan alat tidak langsung untuk mencapai tujuan dalam proses pendidikan. Sarana dan prasarana pembelajaran PAUD mempunyai kegiatan bermain yang dapat menunjang tercapainya belajar anak yaitu alat permainan edukatif ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu alat permainan edukatif di dalam ruangan, kelas atau aula dan alat permainan edukatif diluar ruangan atau lapangan sarana prasarana perangjat pembelajaran indoor yang artinya di dalam ruangan kelas atau aula.

Sarana dan prasarana pendidikan adalah semua perangkat atau fasilitas atau perlengkapan dasar yang secara langsung dan tidak langsung dipergunakan untuk menunjang proses pendidikan dan demi tercapainya tjuan pendidikan. Kepala sekolah bertanggung jawab atas pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan, mengingat sarana dan prasarana itu sendiri ,mempunyai peranan yang sangat penting bagi terlaksananya proses pembelajaran disekolah serta menunjang tercapainya suatu pendidikan.

Dapat disimpulkan bahwa sarana pendidikan adalah semua keperluan yang secara langsung dan menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan  dengan lancar, teratur, efektif dan efisien. Sedangkan yang dimaksud dengan prasarana pendidikan dimaksud dengan prasarana pendidikan adalah keperluan yang secara tidak langsung menunjang jalanya proses pendidikan atau pengajaran, seperti halaman, kebun, taman sekolah, jalan menuju sekolah, tetapi dimanfaatkan secara langsung untuk proses belajar mengajar, seperti taman sekolah untuk pengajaran olahraga, komponen tersebut merupakan sarana pendidikan.

D.    Daftar Pustaka
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin & Barnawi. 2016. Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Arikunto Suharsimi & Yuliana Lia. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Bekerjasama dengan FIP dan UNY.
Nurbaiti.    Manajemen    Sarana    dan    Prasarana    Sekolah.    Manajer Pendidikan. 9(4): 536-546

Tags: