e-Learning dalam Pembelajaran

E-Learning dalam Pembelajaran
E-learning dari masa ke masa mengalami pertumbuhan. Terlepas dari kenyataan bahwa e-Learning sudah ada untuk waktu yang relatif sudah lama, sekarang, masih dalam masa pertumbuhan. Sistem e-Learning saat ini di pasar masih terbatas dimaknai secara teknis berupa gadget yang terintegrasi dengan aspek organisasi pembelajaran, bukannya sebagai perangkat yang mendukung pembelajaran. Sebagai hasilnya pebelajar telah menjadi deindividualized. Salah satu jalan keluar dari kelemahan ini adalah penciptaan bahan e-Learning individu. Untuk ini tujuan model generasi data fleksibel multidimensi dan konten individu sebagai solusinya. Hal ini diperlukan untuk memungkinkan interaksi antara pebelajar dan konten dalam sistem e-Learning.
E-Learning dalam Pembelajaran
A. Definisi E-Learning Sebagai Motivasi Belajar Individual
Belajar secara individu diawal kegiatan tidak serta merta terwujud. Perlu sebuah inisiatif pengajar untuk memberikan motivasi. Pada kasus belajar inkuiri perlu dimotivasi bahwa konstruksi Belajar melalui inkuiri, yang terbaik adalah yang didukung melalui media ‘interaktif’ dari pencarian data di lapangan hingga memberikan laporan ( Laurillard , 1995).. Ini adalah ini adalah cara yang terbaik dalam belajar dan, tentu saja, yang paling mahal, buka perangkatnya namun keterlibatan guru, dan lingkungan belajar yang dibangun.

Metodologi pembelajaran juga semakin berubah. Pendekatan konstruktivis mulai menggantikan metode pembelajaran; fokus pembelajaran terpusat pada guru pindah dan terpusat ke pebelajar secara individual. Sejumlah besar laporan tren dan studi serta diskusi tentang e-Learning. Dalam usia emas ini eLearning banyak perusahaan konsultasi menyajikan optimisme e-learning untuk khalayak umum.  Selama ini motivasi utama dalam pengembangan e-learning bagi pelaku pasar adalah motif menguntungkan. Percepatan ROI (“Return on Investment” / kembali modal), membuat proyek e-Learning dipindahkan ke cloud computing bukan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Sebagian besar dunia elektronik berupaya mengurangi e-Learning menjadi  e-Business.

Motivasi pelaku pasal adalah kondisi riil, tentunya harus berbeda dengan pelaku dan penggiat pembelajaran. Fokus utama adalah kegiatan pemetaan proses pendidikan tradisional yang berada dalam “gempuran” lingkungan digital. Pertimbangan dari persyaratan proses belajar dan kebutuhan pebelajar telah banyak diabaikan dalam praktek. Tapi, belajar hanya dapat terjadi ketika mengindahkan konteks spesifik dari mana kegiatan belajar akan terjadi serta membuat pendukung motivasi untuk keterampilan individu, kepentingan, sikap mental dan kemampuan. Oleh karena itu  pebelajar harus menjadi pusat untuk semua e-Learning. Belajar dalam pengertian ini adalah aktif, selfregulated , proses konstruktif dan terletak (Duffy et al. 1992, Bransford et al. 2000) satu konteks sosial. Itu berarti belajar memiliki karakter prosedural dan aktif, yang harus mengarah pada konstruksi pengetahuan pembelajar pada latar belakang pebelajar untuk memperoleh pengalaman yang bersifat individu dalam pengetahuan pengetahuan ( Mandl et al. 2002, Sun et al. 2003). Model yang meletakan pebelajar sebagai pusat merupakan paradigm pembelajaran konstruktivis (Piaget 1977, Maturana et al. 1987, Clement 1989, Papert 1992). Selanjutnya, akan berkembang definisi baru dari e-Learning yang mengambil pendekatan konstruktivistik.

Baca Juga :  Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran

Banyak definisi e-Learning sudah ada dalam literatur. Bagi banyak penulis siapapun yang mengadopsi media elektronik dalam skenario pembelajaran sudah cukup untuk membentuk eLearning (lihat e-Learning Consultant 2003). Definisi ini jelas terlalu luas. Untuk contoh penggunaan mikrofon selama kuliah harus dikeluarkan oleh definisi e-Learning. Jadi, penggunaan sederhana dari media elektronik tidak cukup. Definisi yang tepat harus menuntut bahwa media elektronik memberikan dukungan khusus untuk proses belajar itu sendiri, yang mungkin tidak dapat dicapai oleh media lain (yang lain seperti kasus media elektronik hanya meniru media tradisional).

Banyak proyek e-Learning tampaknya memiliki definisi yang terlalu luas. Program aksi proyek tersebut hanya untuk memasukkan mekanisme mandiri dalam mengakses konten dan komunikasi ke dalam lingkungan belajar tanpa pernah benar-benar membenahi hubungan pebelajar dengan konten dan manfaat bagi proses pembelajaran.

Definisi alternatif dari e-Learning adalah agregasi dari semua jenis pembelajaran yang menggunakan komputer untuk dukungan medial dari proses pembelajaran (NRW Medien GmbH 2003).   Demikian pula, Baumgartner,  Hafele dan Maier- Hafele (2001) menunjukkan bahwa e-Learning adalah istilah umum untuk semua jenis perangkat lunak yang didukung pembelajaran. Kedua upaya tidak sangat berguna karena mereka juga terlalu longgar dan tidak cukup untuk menjelaskan pebelajarannya.

Pelaku pasar juga mulai “latah” dengan e-Learning, di mana semua proses bisnis yang nyata disebut sebagai peristiwa belajar, mengajar dalam sebuah organisasi pasar apapun. Hal ini ditandai dengan adanya gerakan pasar tradisional bermigrasi ke lingkungan digital. Menurut Rosenberg (2001) e-Learning tergantung pada teknologi internet dan biasanya bentuk jaringan pembelajaran berbasis pada konsep yang lebih umum dari pembelajaran yang melampaui paradigma tradisional. e-Learning merupakan segala bentuk pembelajaran didukung elektronik dan pembelajaran, yang prosedural dalam karakter dan bertujuan untuk mempengaruhi pembangunan pengetahuan dengan mengacu pada pengalaman individual, praktek dan pengetahuan pebelajar. Sistem informasi dan komunikasi,, berfungsi sebagai media tertentu (spesifik dalam arti diuraikan sebelumnya) untuk melaksanakan proses pembelajaran.

Baca Juga :  Keberhasilan Pembelajaran

Definisi e-learning didasarkan pada model pembelajaran konstruktivis. Pengetahuan dapat disampaikan kepada siapapun.  Ini harus dibangun oleh pebelajar sendiri / dirinya sendiri. Paradigma konstruktivisme moderat di mana pembelajaran dan konstruksi melengkapi satu sama lain, tampaknya sangat tepat untuk e-Learning. Belajar harus dipahami sebagai proses generatif yang tetap perlu dimulai bimbingan oleh guru. Dalam referensi ini bingkai konstruktif, belajar mandiri selalu membutuhkan juga selingan instruksional yang datang dari luar.

Umumnya empat masalah berikut menunjukkan diri mereka sebagai titik awal untuk pertimbangan tentang persyaratan sistem e-Learning harus memenuhi untuk mendukung individu dalam proses pembelajaran.

  • Bagaimana bisa guru didukung dalam memproduksi bahan ajar?
  • Bagaimana seharusnya materi disajikan untuk pebelajar dan jenis interaksi dengan materi akan mendukung pembelajaran?
  • Jenis umpan balik berguna dan mungkin?
  • Bagaimana seharusnya guru dan asisten pebelajar diwakili (bukan diganti) dalam sistem?

Gambaran sistem e-Learning dari pendekatan konstruktivis adlah bentuk dukungan.  Hal ini dapat sudah dirasakan dalam berbagai  diskusi bahwa sudah tidak dapat fokus secara eksklusif pada proses pembelajaran. Dalam pendekatan konstruktivis moderat, pebelajar perlu menerima petunjuk tambahan (scaffolding). Untuk sesuai dengan gagasan konstruktivis ini harus spesifik untuk pebelajar. Jadi jika proses pendukung belajar menurut teori konstruktivis moderat, maka bisa dipastikan pertanyaannya adalah bagaimana pebelajar belajar materi dalam pembelajaran khusus bisa diperoleh atau diproduksi. Kita juga perlu mempertimbangkan proses pembelajaran sampai batas tertentu (semester misalnya)

Tags: