Penerapan Akhlaq Pada Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kedamean Pada Era Globalisasi

  • Whatsapp
Undangan Digital
Abstrak Pendididkan akhlaq sangatlah penting di pelajari  sejak anak usia dini. Terutama di era globalisasi kini Istilah “globalisasi”, dapat berarti alat dan dapat pula berarti ideologi. Ketika diartikan sebagai alat maka globalisasi sangat netral. artinya bisa mengandung hal-hal positif, ketika dimanfaatkan untuk hal-hal. untuk itu perlu perhatian khusus dalam hal penerapan pendidikan akhlaq ini .pendidikan lingkungan hidup / lingkungan sekitar membuktikan bahwa MI Negeri 1 Kedamean memiliki langkah yang baik dalam akhlaq di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan akhlak dalam pengembangan pendidikan karakter di madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kedamean berjalan dengan baik, efektif dan kondusif walaupun belum sempurna. Nilai karakter yang dikembangkan guru akhlak dalam kegiatan pendidikan akhlak yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, semagat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, gemar membaca, peduli sosial.
Kata kunci: pendidikan akhlaq, pendidikan karakter
Penerapan  Akhlaq Pada Pendidikan Karakter  Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kedamean  Pada Era Globalisasi

Penerapan  Akhlaq Pada Pendidikan Karakter  Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kedamean  Pada Era Globalisasi

Bacaan Lainnya

Pendahuluan
Pendidikan akhlaq merupakan permasalahan utama yang menjadi tantangan bangsa akan kokoh apabila akhlaq nya juga kokoh dan sebaliknya, suatu bangsa akan runtuh bila akhlaq penduduknya rusak.Pendidikan akhlaq adalah pendidikan mengenai dasar-dasar moral (akhlaq ) dan keutamaan perangai, tabi’at yang harus dimiliki dan harus dijadikan kebiasaan oleh anak sejak kecil hingga ia menjadi mukallaf. Tidak diragukan lagi bahwa keutamaan-keutamaan moral, perangai, dan tabi’at merupakan salah satu buah iman yang mendalam, dalam perkembangan religius yang benar.
Baca Juga :  Penelitian Tindakan Kelas ; Sebuah pengantar

Sedangkan pada era globalisasi saat kini perkembangan dan kemajuan teknologi berkembang sangat pesat. Sehingga memudahkan kita atau anak-anak mendapat informasi dan dapat menhetahui kebudayaan yang berbeda- beda. Hal ini juga berdampak pada perkembangan anak yang cenderung gampang menyerap informasi dan menirunya. Tidak menuntut kemungkinan bahwa akan sangat mudah akhlaq seseorang rusak atau runtuh jika tidak diarahkan dengan baik dan benar.

Bangsa kita, bangsa indonesia dikenal dengan bangsa yang makmur dengan penduduk yang arif dan ramah. Namun, realitanya hanya sekedar cerita saja. Disitulah letak pendidikan akhlaq yang harus ditanamkan dalam diri kita terutama sejak kecil. Oleh karena itu di sini akan membahas tentang bagaimana sikap dan peranan  pendidikan akhlaq di Madrasah ibtidaiyah pada era globalisasi saat ini. Sebagai asumsi pendidikan akhlaq memberikan suatu warna tersendiri dalam menghadapi dampak negatif arus globalisasi.

Pos terkait