Strategi Dan Metode Pembelajaran Matematika Yang Efektif Bagi Siswa Mi Al Hikmah Kalidawir

  • Whatsapp
Undangan Digital
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pembelajaran para siswa dalam mata pelajaran matematika.pembelajaran berbasis video animasi yang menarik,lucu berbantu wondershare sehingga menghasilkan video  pembelajaran dalam power point yang layak digunakan selama pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah ADDIE. Sesuai dengan namanya, ADDIE terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi langsung ke salah satu sekolah MI. Hasil penilaian  siswa setuju untuk diselenggaranya metode-metode belajar ini  .para siswa juga bersemangat untuk lebih menguasai pembelajaran matematika dari hasil survey menyatakan siswa lebih setuju pembelajaran berbasis video maupun game-game yang menarik.
Kata kunci: Power point pembelajaran, pengembangan ADDIE, game menarik
Strategi Dan Metode Pembelajaran Matematika Yang Efektif Bagi Siswa Mi Al Hikmah Kalidawir
Strategi Dan Metode Pembelajaran Matematika Yang Efektif   Bagi Siswa Mi Al Hikmah Kalidawir
PENDAHULUAN
Mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah (MI) merupakan kurikulum yang wajib dipahami dan dikuasai oleh para siswa, konsep-konsep dasar matematika seharusnya sudah dapat dimengerti oleh siswa MI. karena itu, adalah suatu bekal untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, siswa juga dituntut untuk memahami dan mengaplikasikan matematika  dalam segala aspek kehidupan .seiring berjalannya waktu banyak siswa yang tidak terlalu gemar dalam belajar matematika. Padahal pelajaran matematika masuk kedalam salah satu mata pelajaran yang ada di Ujian Nasional (UN)  bukan hanya itu matematika dalam kehidupan sehari-hari juga sangat di perlukan oleh karena itu, dibutuhkannya suatu konsep pengaplikasian pembelajaran matematika yang efektif, inovatif, dan edukatif bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah.

Di zaman yang serba canggih ini banyak siswa yang kurang mengerti dengan pembelajaran matematika , dengan alasan membosankan, jenuh serta kurang menarik dari hasil survey menyatakan sebanyak 80% Siswa MI Al-Hikmah tidak gemar matematika, maka dari itu suatu pembelajaran matematika harus dikonsep dengan sebaik-baiknya .

Baca Juga :  Model Pembelajaran Sosial

Bacaan Lainnya

Azhar Arsyad ( 2011, 91 ) menjelaskan bahwa media berbasis visual memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat daya ingat siswa. Visual juga dapat menumbuhkan minat dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pembelajaran dunia nyata. Sebagian besar objek yang dipelajari dalam matematika adalah materi yang bersifat abstrak. Oleh karena itu siswa harus mulai mengembangkan imajinasi agar dapat memahami konsep yang mendasar dalam ilmu matematika. Penggambaran sesuatu yang abstrak menjadi hal penting pada proses pembelajaran matematika. Siswa MI sangat gemar belajar menggunakan media visual berbasis power point yang menarik, game dll. Dalam hal ini, guru sangat berperan penting untuk mengaturkonsep-konsep pembelajaran yang diinginkan siswa.

Pos terkait