Tingkat minat baca peserta didik kelas v mi darul falah Dusun ngrangkok desa klampisan kandangan kediri

  • Whatsapp
Undangan Digital
Tingkat minat baca peserta didik kelas v mi darul falah Dusun ngrangkok desa klampisan kandangan kediri
LATAR BELAKANG
Membaca merupakan kegiatan yang dapat menambah wawasan, bahkan disebut sebagai kegiatan membuka cakrawala dunia. Semakin banyak membaca maka akan semakin banyak wawasan seseorang. Dengan membaca akan banyak informasi yang terserap sehingga akan meningkat pula tingkat intelektualitas seseorang. Kegiatan membaca adalah kegiatan yang ringan namun membutuhkan minat atau kemauan dari diri seseorang, apabila telah memiliki minat dalam membaca maka seseorang akan melakukan kegiatan tersebut dengan senang dan bahkan dapat dijadikan hobi.

Namun, minat mambaca masyarakat Indonesia terbilang cukup rendah. Indonesia berada dalam peringkat 108 dari 187 negara menurut Human Development Index (HDI) tahun 2014. Rendahnya tingkat minat baca dapat menurunkan kualitas pendidikan di negara tersebut. Saat ini, pelajar di Indonesia memiliki tingkat minat baca yang sangat rendah, terutama di tingkat sekolah dasar . Menurut survey yang dilakukan Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2003 terhadap anak-anak usia 9-14 tahun, Indonesia menduduki peringkat ke-40 dari 40 negara peserta. Tidak adanya  minat membaca menjadikan siswa pada usia tersebut tertinggal dalan menangkap informasi tentang ilmu pengetahuan.

Bacaan Lainnya

Menurut penelitian yang pernah dilakukan pada satu sekolah dasar di Yogyakarta menunjukkan bahwa minat baca anak-anak sangat rendah, mereka merasa tidak tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan dan memilih bercengkrama dengan kawan, bermain dan berolahraga . Kegiatan di dalam kelas yang lebih banyak membahas soal-soal juga menjadi penyebab kurangnya minat anak-anak dalam membaca. Menurut penelitian yang dilakukan United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan Ilmiah dan Kebudayaan pada tahun 2012 bahwa indeks minat baca masyarakat Indonesia masih mencapai angka 0,001.

Baca Juga :  Implementasi nilai-nilai akidah akhlak bagi Anak sekolah dasar di era milenial

Hal tersebut menunjukkan dari setiap 1000 warga Indonesia ada 1 oang saja yang memiliki minat membaca . Penyebab bangkitnya minat baca adalah kemampuan membaca, pemicu budaya baca yaitu kebiasaan membaca dan kebiasaan membaca terpelihara jika ada sarana membaca yang memadai dan menarik . Maka diperlukan peran keluarga, guru, pemerintah, lingkungan, sarana prasana, perhatian khusus dan motivasi untuk mendukung minat anak-anak dalam membaca.

Pos terkait