Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak

  • Whatsapp
Undangan Digital
Abstract This study aims to determine whether there is an influence of parenting parents on children’s emotional intelligence. The method used in this research is interview and observation. Parenting is a way of caring for children to shape the child’s character and develop children’s emotional intelligence. Parents are the first teachers to educate their children. Various forms of treatment are authoritarian, democratic, permissive. Parenting applied by parents greatly affect the emotional intelligence of children.
Keywords: parenting, emotional intelligence
 Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak
Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadapa kecerdasan emosional anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Pola asuh adalah cara pengasuhan orang tua untuk membentuk karakter anak dan mengembangkan kecerdasan emosial anak. Orang tua merupakan guru pertama untuk mendidik anaknya.macam-macam bentuk pola asuh yaitu otoriter, demokratis, permisif. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua sangat mempengaruhi kecerdasan emosional anak.
Kata kunci: kecerdasan emosional dan pola asuh orang tua      

Pendahuluan
perkembangan emosional pada anak sangat penting, karena akan dapat mempengaruhi kehidupan anak pada masa yang akan mendatang. Dengan anak memiliki kecerdasan emosional, diharapkan anak dapat bertahan dalam menghadapi berbagai masalah-masalah yang akan terjadi dalam kehidupannya. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional anak antara lain orang tua. Orang tua adalah kunci yang utama untuk meraih kesuksesan anak, dari orang tua juga anak pertama kali mengenal dunia ini dengan melalui orang tua anak dapat mengembangkan seluruh aspek pribadinya. Orang tua memiliki peran sangat penting bagi perkembangan anak, yaitu dengan bertanggung jawab untuk mendidiknya, mengasuhnya, dan membimbingnya, agar mencapai tahapan tertentu sehingga pada akhirnya seorang anak siap dalam kehidupan bermasyarakat.[1]

Baca Juga :  Sampah Plastik Menyebabkan Biota Laut Mati

Bacaan Lainnya

Namun sekarang, banyak dari orang tua tidak menyadari akan tugasnya, sehingga dalam mendidik anak, orang tua menerapkan bentuk atau tipe pola asuh yang sangat tidak tepat dan tidak baik. Pola asuh artinya pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua untuk  memimpin anaknya sehingga mempengaruhi perkembangan karakter anak. Dengan menerapkan bentuk pola asuh yang tidak baik dan tidak tepat, maka perkembangan emosional anak tidak berkembang dengan baik.

Pos terkait