Pentingnya Bimbingan Konseling pada Pendidikan Dasar

  • Whatsapp
Undangan Digital
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya bimbingan konseling pada pendidikan dasar di sekolah MI MIFTAHUL HUDA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, lalu penarikan kesimpulan. Factor penghambat pelaksanaan bimbingan konseling pada pendidikan dasar yaitu tidak adanya guru khusus untuk menanganinya. Sehingga bimbingan konseling di sekolah MI MIFTAHUL HUDA Banjaran belum tercapai tujuannya karena nilai karakter yang dimiliki peserta didik masih rendah.
Keyword: bimbingan konseling, dan pendidikan dasar.

ABSTRACT This study aims to describe the importance of counseling guidance in basic education in MI MIFTAHUL HUDA schools. This research use desciptive qualitative approach. Data collection is done through observation, interviews and documentation. Data analysis technique is by collecting data, then drawing conclusions. The inhibiting factor in the implementation of counseling guidance in basic education is the absence of special teachers to handle it. So that counseling guidance at MI MIFTAHUL HUDA Banjaran school has not achieved its objectives because the character values possessed by students are still low.
Keyword: counseling guidance, and basic education.

Bacaan Lainnya

Pentingnya Bimbingan Konseling pada Pendidikan Dasar
PENDAHULUAN
Pendidikan dasar di Sekolah Dasar atau Madrasah ibtidaiyah yang mempunyai peran penting untuk kepribadian, keterampilan dan pikiran peserta didik. Dengan pendidikan peserta didik dapat mengisi dan melanjutkan cita-citanya ke jenjang pendidikan selanjutnya. Dalam hal ini pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan pola pikir peserta didik[1].

Bimbingan konseling merupakan gabungan dari bimbingan dan konseling. Bimbingan ialah proses pemberian  bantuan yang diberikan kepada individu atau kelompok. Dan konseling ialah suatu hubungan pribadi yang dilakukannya secara langsung oleh individu atau dua orang dengan yang ahli guna memecahkan masalah yang terjadi. Jadi bimbingan konseling merupakan proses memberi bantuan kepada individu atau beberapa orang yang sedang mengalami masalah.

Baca Juga :  Pengaruh Gadget Terhadap Konsentrasi Siswa Sekolah Dasar Kelas 5 Sdn Wedoro Waru Sidoarjo

Agar penyelenggaraan bimbingan konseling berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan maka peserta didik harus bisa memahami potensi, tugas-tugas perkembangannya, dan memahami potensi yang ada di lingkungannya, bisa menentukan rencana untuk pencapaian tujuan tersebut, mampu mengatasi kesulitan-kesulitan sendiri, bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dari lingkungan dan mengembangkan semua potensi dan kekuatan yang dimiliki secara optimal. Dalam hal ini guru diharapkan dapat melaksanakan program bimbingan konseling secara terintegrasi dengan sistem pendidikan dan guru bimbingan konseling harus bekerja sama dengan kepala sekolah dan tenaga kependidikan sebagai pengelola di bidang layanan administrasi dan manajemen, guru sebagai pelaksana pembelajaran yang mendidik, dan orangtua peserta didik sebagai mitra sekolah.

Pos terkait