Pentingnya Iptek Dalam Pembelajaran Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar

  • Whatsapp
Undangan Digital
ABSTRAK Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui perkembangan iptek di Indonesia, khususnya pada bidang pendidikan  di sekolah dasar, sehingga dapat mengetahui perkembangan iptek yang sangat melesat dan semakin modern yang juga memiliki sisi positif maupun sisi negatif bagi anak-anak.
Kata kunci : Iptek, Pembelajaran, Sekolah dasar

ABSTRACT The purpose of this paper is to determine science and technology in Indonesia, especially in the field of education in primary schools, so that it can find out science and technology which is very fast and increasingly modern which also has positive side and negative side for children. impacts for children.
Keywords: Science and Technology, Learning, Elementary School

Bacaan Lainnya

Pentingnya Iptek Dalam Pembelajaran Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar
PENDAHULUAN
Saat ini di era globalisasi, manusia sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan adanya kemajuan teknologi, manusia dapat hidup lebih mudah, apalagi teknologi yang berkembang semakin pesat di era modernisasi saat ini adalah dalam dunia pendidikan[1].

Dalam dunia pendidikan teknologi memiliki peran yang sangat besar, dengan menggunakan IT yang dapat memudahkan dan meningkatkan media pembelajaran, dengan media tersebut semua guru dan siswa dapat memanfaatkan untuk proses belajar mengajar[2]. Media merupakan alat untuk menunjang kegiatan, seperti adanya internet, komputer, lcd, dan lain-lain, dengan adanya media tersebut proses pembeajaran semakin mudah dan praktis. Contohnya internet dapat dimanfaatkan siswa dalam mencari literatur atau program belajar[3].

Kegunaan IT sebagai media pembelajaran adalah untuk membantu proses belajar mengajar, selainitu juga media pembelajaran digunakan untuk mengasah kemampuan keterampilan siswa dan dapat mendorong siswa untuk lebih giat dan lebih mudah belajar. IT sangat berfungsi bagi siswa, strategi dan metode pembelajaran akan jadi menyenangkan, efektif, praktis, dan konstektual serta mampu menghasilkan kreativitas, meningkatkan kempetensi, kerja sama atau solidaritas, kemandirian, dan mengembangkan imajinasi[4].

Baca Juga :  Implementasi Merdeka Belajar “From Zero To Hero” di Era New Normal

METODE PENELITIAN
Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket.  Subyek penelitian adalah siswa di sekolah dasar. Teknik analisis data menggunakan teknik angket.

Pos terkait