Dampak Negatif Dan Positif Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa

  • Whatsapp
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak negatif dan positif penggunaan gadget terhadap siswa kelas V SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode yang menggunakan pengaturan, menganalisis, mengklasifikasi dan memecah masalah-masalah yang berkenaan dengan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen penelitian dengan wawancara. Informan yang dipilih adalah 2 sampling siswa kelas V SD/MI dan 2 sampling orang tua siswa kelas V SD/MI. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa penggunaan gadget mempunyai dampak negatif dan positif terhadap prestasi siswa kelas V SD/MI, dampak tersebut perlu diperhatikan maka peran orang tua sangatlah penting dalam memberi pemahaman tentang dampak penggunaan gadget, mendampingi dan mengawasi anak dalam menggunakan gadget, dan memberi kebijakan batasan penggunaan gadget pada anak agar anak dapat menggunakan gadget dengan baik dan mendapatkan dampak yang positif terhadap prestasinya di sekolah.
Kata kunci : penggunaan gadget, dampak negatif dan positif, prestasi belajar, siswa kelas V
Dampak Negatif Dan Positif Penggunaan Gadget

ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the negative and positive effects of the use of gadgets on grade V SD / MI students. The method used in this research is descriptive qualitative, which is a method that uses arrangements, analyzes, classifies and solves problems related to this research by using a qualitative approach. In this study the authors used a research instrument with interviews. The informants selected were 2 samples of students in grade V SD / MI and 2 samples of parents of students in grade V SD / MI. From this research, the results show that the use of gadgets has a negative and positive impact on the achievement of fifth grade students of SD / MI, the impact needs to be considered, the role of parents is very important in providing an understanding of the impact of using gadgets, assisting and supervising children in using gadgets, and giving policy on limiting the use of gadgets on children so that children can use gadgets properly and get a positive impact on their achievement in school.
Keywords: use of gadgets, negative and positive impacts, learning achievement, grade V students

Baca Juga :  Pengertian Identifikasi Prosedur Media dan Sumber Belajar

Bacaan Lainnya

Dampak Negatif Dan Positif Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa

PENDAHULUAN
Pada era globalisasi saat ini, teknologi semakin berkembang dengan pesat sesuai dengan perkembangan zaman. Teknologi muncul dengan berbagai macam fitur yang selalu update dari hari ke hari. Perkembangan teknologi sangatlah berpengaruh pada kehidupan manusia, bermula pada kehidupan yang sederhana, kini menjadi kehidupan yang dapat dikatakan sangat modern. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dari hari ke hari yangn semakin canggih. Perkembangan teknologi yang pesat berdampak sangat besar pada kehidupan manusia, salah satunya ditandai dengan meningkatnya penggunaan gadget atau alat-alat elektronik yang dapat mudah terkoneksi dengan internet. Internet merupakan salah satu hal yang sangat sering dimanfaatkan pada gadget dan sebagai salah satu keajaiban penemuan dunia. Penemuan internet merubah dunia menjadi lebih dinamis dan serba cepat.[1]

Pos terkait