Efektifitas Penerapan Metode Tilawati Terhadap Kualitas Membaca Alquran Di Tpq Syifaul Qolbi Surabaya

  • Whatsapp
Undangan Digital
Abstrak
Membaca Al-Qur’an bagi kalangan awam bukanlah hal yang mudah, baik dewasa ataupun anak-anak pasti akan mengalami kesulitan. Apalagi sekarang ini perhatian orangtua kepada anaknya dalam mebaca Al-Qur’an sangatlah sedikit. Sehingga mengakibatkan anak belum mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah. Salah satu perkembangan metode di dalam belajar membaca Al-Qur’an adalah metode Tilawati. Metode tilawati merupakan metode belajar membaca Al-Aqur’an yang menggunakan nada-nada tilawah dengan pendekatan yang seimbang antara pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui indivual, sehingga dalam pembelajaran peserta didik dapat tuntas dan khatam dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penghunaan metode tilawati di TPQ Syifaul Qolbi Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang diilaksanakan di TPQ Syifaul Qolbi Surabaya. Metode pengumpulan data berupa pretest-postest dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tilawati lebih efektif untuk meningkatkan kualitas membaca al-quran santri TPQ Syifaul Qolbi Surabaya.
Kata kunci: metode tilawati, santri dan hasil efektivitas.

Efektifitas Penerapan Metode Tilawati Terhadap Kualitas Membaca Alquran Di Tpq Syifaul Qolbi Surabaya

Pendahuluan
Dalam pendidikan itu memerlukan proses belajar mengajar yang mana proses belajar mengajar ini merupakan sesuatu yang kompleks. Proses tersebut terdiri dari beberapa bagian yang saling berkaitan dan memiliki fungsi tersendiri yang saling bekerja sama, agar dapat mencapai keberhasilan yang diinginkan. Pembelajaran secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah usaha mempengaruhi, emosi, intelektual, dan spiritual seorang agar mau belajar dengan kehendaknya sendiri (Fathurrahman, 2012:6). Pembelajaran bertujuan untuk menciptakan perubahan secara terus menerus dalam perilaku dan pemikiran siswa pada suatu lingkungan belajar (Hamalik, 2011).Pendidikan harus memiliki keterkaitan yang erat dengan lingkungan sekitar
Baca Juga :  Konsep Manajemen Kurikulum PAUD

Salah satu isi dalam pendidikan Islam adalah ilmu pengetahuan yang dimulai dengan keterampilan membaca dan menulis serta pengembangan ilmu-ilmu lainnya. Di antara keterampilan membaca yang dipelajari dalam pendidikan Islam ialah keterampilan dalam membaca Al Qur’an. Usaha awal yang dilakukan untuk mencetak generasi Islam yang berwawasan Al Qur’an (generasi Qur’ani) adalah dengan cara mengajarkan dan mendidik anak untuk belajar Al Qur’an serta berusaha menanamkan rasa kecintaan yang tinggi terhadap Al Qur’an. Pengembangan pendidikan Islam dengan pendekatan keagamaan ialah bagaimana cara pendidik, memproses anak didik atau siswa melalui kegiatan bimbingan, latihan dan pengajaran keagamaan, termasuk di dalamnya mengarahkan, mendorong, dan memberi semangat kepada mereka agar mau mempelajari ajaran agamanya melalui baca tulis Al Qur’an (BTA).

Pos terkait