Pentingnya Pendidikan Islam Di Sekolah

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji siswa dalam hal ilmu agama .Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan mewawancari beberapa siswa .populasi peenelitian ini merujuk pada siswa mi .Jumlah sampel dengan menggunakan wawancara beberapa siswa dan menuliskan dalam tabel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada sebagian siswa yang kurang meminati pelajaran agama yang diberikan sekolah .Dan ada juga beberapa guru yang kurang jelas dalam mengajar membuat minat siswa terhadap pelajaran agama islam berkurang

ABSTRACT
The purpose of this study was to examine students in terms of religious knowledge. The research method uses qualitative methods by interviewing several students. The population of this research refers to these students. The number of samples using interviews of several students and writing in the table. who are not interested in religious studies provided by the school. And there are also some teachers who are less clear in teaching making the students’ interest in Islamic religion less.

Pentingnya Pendidikan Islam Di Sekolah
PENDAHULUAN
Pendidikan adalah suatu hal yang dilakukan untuk mempersiapkan seseorang agar hidup sempurna dan Bahagia ,agar cinta tanah air, sempurna budi pekertinya, pikiran teratur, halus perasaannya ,mahir bekerja,dan bertutur kata baik dengan lisan atau tulisan.Pendidikan sangat berpengaruh kepada generasi yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan dahulu,dengan Pendidikan ini generasi selanjutnya akan terus berkembang dan mengikuti perembangan zaman .Sebagaimana kita tau bahwa di Indonesia Pendidikan dari mulai usia 5 tahun untuk TK, dilanjutkan SD,SMP, dan SMA. Ilmu yang pasti didapat adalah kehidupan dunia atau pendidikan formal, dari mulai ada matematika, Bahasa inggris, Bahasa Indonesia, IPA, dan lain-lain. Ada sebuah pepatah mengatakan Agama tanpa ilmu buta, sedangkan ilmu tanpa agama itu sesat, Kalimat ini menunjukkan pentingnya pendidikan agama bagi individu.pendidikan adalah kunci kesuksesan seseorang di masa depan. Pendidikan dibagi menjadi2 yaitu, pendidikan formal dan pendidikan informal. Pendidikan formal memang penting, karena anak dapat memperoleh berbagai macam gelar sehingga dapat meningkatkan kualitasnya. Namun,tidak sempurna tanpa adanya pendidikan agama yang kuat sejak dini.

Dengan adanya pengetahuan keagamaan yang dimiliki, seseorang bisa memilah manahal baik dan buruk,mana yang benar dan salah dalam bergaul serta bersosialisasi. Sekarangini, banyak anak-anak terutama remaja yang belum memahami tentang ilmu pendidikan agama secara utuh sehingga banyak dari mereka kehilangan kontrol diri dalam lingkungan pergaulannya.Kenyataan tersebut dapat dilihat pada zaman sekarang maraknya kasus bully anta rsiswa, tawuran, pergaulan bebas, narkoba, dan kasus-kasus lain yang melanda ibupertiwi.
METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berdasarkan dari data yang telah dikumpulkan dari MI Mamba’ul Ulum Mojokerto. Penelitian ini diambil dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah metode yang menggambarkan keadaan yang berjalan dalam penelitian. Tujuan menggunakan metode ini adalah mendapatkan gambaran tentang pembelajaran yang ada di MI MAMBA’UL  ULUM Mojoketo. Penelitian ini menggunakan data primer yang berarti bersumber dari responden langsung. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model satisitik deskriptif yaitu menerangkan data yang terkumpul bagi kalangan umum. Teknik tersebut menjelaskan jawaban-jawaban responden frekuensi dan presentasi. Penulis akan menginterpretasikan makna dari data-data penelitian tersebut.

Baca Juga :  Pengaruh Budaya Luar Terhadap Budaya Indonesia

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Berdasarkan penelitian yang telah diambil menggunakan angket,kemudian dilakukan analisis data dengan menghitung frekuensi.deskripsi yang dilakukan dalam penelitian ini menerangkan tabel pada angket yang telah disebar di salah satu kelas di MI MI MAMBA’UL ULUM Mojoketo. Berdasarkan hasil angkett yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2019 menunjukkan sebagai berikut :

Dari diagram diatas menunjukkan bahwa ada 5 anak yang menganggap peljaran sulit dan ada 20 anak yang menganggap pelajaran itutidak sulit. Pendidikan agama Islam merupakan usaha untuk sadar yang dilakukan pendidik dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk meyakini, memahami, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau pelatihan yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.(Pendidikan Agama Islam) 

KESIMPULAN
Dari penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa di MI MAMBA’UL ULUM sebagian siswa sudah bisa memahami tentang ilmu agama.Dan sebagian lagi kurang memhahami karena faktor dari guru yang kurang akan menjelaskan.Dan faktor minat dari siswa tersebut juga kurang akan ilmu agama.Oleh karena itu saya membuat artikel ini denga harapan generasi penerus sekarang memepunyai minat akan pelajaran agama .

DAFTAR PUSTAKA
Akhwan, Muzhoffar, ‘Pengembangan Madrasah Sebagai Pendidikan Untuk Semua’, I.1, 41–54
Haningsih, Sri, ‘Peran Strategis Pesantren, Madrasah Dan Sekolah Islam Di Indonesia’, El-Tarbawi, 1.1 (2008), 27–39 <https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art3>
Pendidikan, A Pengertian, and Agama Islam, ‘BAB III Pendidikan Agama Islam’, 65–88
Oleh :M Mas’udYunus

Tags: