Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Dalam Peningkatan pemahaman Siswa

  • Whatsapp
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media power point terhadap kualitas pembelajaran siswa. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, ialah penggambaran secara langsung ketika proses penelitian. Dalam penelitian ini informan diambil dari 60 siswa dan mengambil 5 sampel acak dari 60 siswa tersebut. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara dan hasilnya berupa 80% siswa mengalami peningkatan terhadap hasil belajar mereka dan 70% antusias positif yang mereka berikan ketika pembelajaran sehingga media power point ternyata memberikan pengaruh yang positif terhadap pembelajaran siwa sehingga mempengaruhi kualitas pembelajaran siswa.
Kata Kunci: Media power point, kualitas pembelajaran

ABSTRACT
This study aims to study the effect of power point media on the quality of student learning. The method used by the author in this study is descriptive qualitative, is a direct description of the research process. In this study informants were taken from 60 students and taken 5 random samples from 60 students. The instruments in this study used observations and interviews which resulted in 80% of students improving their learning outcomes and 70% of the positive enthusiasm they provided for learning compilations requiring media power points that had a positive influence on student learning improving the quality of student learning.
Keywords: Power point media, quality of learning

Bacaan Lainnya

 

Pengaruh Media Power Point Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa

A.   Pendahuluan
Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan, tanpa Pendidikan peradaban bangsa tidak akan mengalami kemajuan untuk itu wajib bagi setiap anak untuk mengenyam Pendidikan sedari kecil. Pendidikan ialah usaha sadar yang dilakukan oleh berbagai kalangan yang meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat melalui kegiatan pengajaran, bimbingan, dan latihan yang berlangsung di sekolah maupun di luar sekolah. Menurut pendapat Asraruddin (2014).[1]  Pendidikan di Indonesia memiliki tujuan, menurut UU RI No.20 tahun 2003 adalah untuk perkembangan peserta didik agar menjadi peserta didik yang beriman, berakhlak dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berilmu dan bertanggung jawab serta demokratis.[2] Pembahasan mengenai pendidikan sendiri tak pernah berakhir dapat di bahas tuntas, karena setiap instalasi kelembagaan selalu menempuh berbagai cara untuk meningkatkan mutu Pendidikan, seiring berkembangnya zaman, dinamika teknologi semakin pesat, perkembangan teknologi ini sudah merasuk kedalam kehidupan manusia, di setiap kegiatan manusia pasti dibutuhkan teknologi untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia, bahkan dalam sistem Pendidikan, kemajuan teknologi menjadi pemicu untuk mengembangkan sistem Pendidikan yang pada mulanya merupakan Pendidikan yang bersifat konvensional beralih pada Pendidikan yang bersifat modern.

Pos terkait