Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi

  • Whatsapp
Undangan Digital
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi guru dalam membentuk karakter siswa. Hingga hasil penelitian menemukan berbagai macam strategi yaitu memberikan pembelejaran dari hal-hal yang baik, bertindak yang baik, peduli akan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak sekali strategi guru untuk membentuk karakter siswanya. Dan membuat siswanya agar menjadi orang yang lebih disiplin, bertanggung jawab, dan berakhlak.
Kata kunci: strategi, nilai karakter, pendidikan

Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi

PENDAHULUAN
Lunturnya karakter bangsa salah satu masalah dalam bangsa Indonesia. Lunturnya karakter pemicu terjadinya kelambanan perkembangan suatu bangsa, karena karakter adalah awal dari kemajuan suatu bangsa. Namun saat ini sifat keramah tamahan, saling membantu, dan peduli akan lingkungan bangsa Indonesia semakin luntur. Terlihat banyak remaja menjadi pemicu karena harus banyak abai-aib yang harus ditutupi serta banyak perubahan yang tidak baik yaitu mementingkan diri sendiri dan tidak mau menghormati orang yang lebih tua. Lunturnya karakter tersebut karena kurang kutanya penanam karakter.

Penanaman karakter harus dimulai sejak dini. Dan pendidikan karakter dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar. Lingkungan keluarga adalah yang paling utama karena keluarga adalah sekolah penuh cinta dan kasih saying. Pembentukan karakter disekolah juga tidak boleh semata-mata tertuju dengan pembelajaran kognitif saja namun juga harus ada penanaman moral dan nilai-nilai budi pekerti.

Bacaan Lainnya

Seperti yang tercantum dalam UU No 20 tahun 2003 pasal 3 yang berisi tentang strategi pendidikan nasional bahwa: pendididkan nasional berfungsi membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agara menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, sehat, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demo kratis serta bertanggung jawab.
 

METODE PENELITIAN
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Eksperimen  adalah observasi di bawah kondisi buatan dimana kondisi tersebut dibuat dan diatur oleh si peneliti. Sementara itu menurut Singarimbun (1989:6) penelitian eksperimen dimaksudkan untuk mengetahui hubungan sebab akibat penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 MI Khoirul Huda. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Observasi di sini adalah yaitu dengan cara survei dan wawancara guru atau datang langsung ke sekolah tersebut.

Pos terkait