Keefektifan Model Pair Checks Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa

  • Whatsapp
Undangan Digital
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan karna memiliki tujuan untuk (1) mengembangkan pola pikir siswa agar lebih terampil secara produktif dan (2) dapat membangun ketrampilan siswa untuk bertanya pada saat proses pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek yang dituju adalah siswa siswa kelas V Mi Al Hikmah Buduran Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 20 Siswa meliputi 9 laki laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dengan observasi aktivitas guru dan aktivitas siwa serta teknis tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari pra siklus yaitu sebelumnya hanya 4 ( 20% ) siswa siswi yang mencapai kriteria ketuntasan minimal meningkat menjadi 16 ( 80% ) siswa siswi yang tuntas belajar.
Keyword : pembelajaran model pair checks, pemahaman, keefektifan

Keefektifan Model Pair Checks Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa

Latar belakang :
Bahasa indonesia adalah sebuah mata pelajaran yang harus di paparkan pada jenjang pendidikan dasar. Pelajaran bahasa indonesia pada jenjang pendidikan dasar ini mempunyai tujuan supaya meningkatkan kemampuan peserta didik. Pada hakikatnya aktivitas membaca sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi yang terdapat dalam bacaan dan juga dapat menjadi bagian dari aktivitas keseharian dan digunakan untuk berbagai keperluan. Membaca pemahaman merupakan suatu keterampilan membaca yang melakukannya dengan cara memahami isi bacaan. Karna, pada dasarnya membaca pemahaman merupakan lanjutan dari membaca permulaan.

(Prakoso, 2015)Model pembelajaran yang tidak bervariasi dapat mempengaruhi konsentrasi siswa, jika seorang pengajar menggunakan model yang biasa saja maka siswa akan menganggapnya remeh dan juga biasa saja. Hal tersebut dapat mengakibatkan minat membca siswa menjadi berkurang, serta biasanya siswa sering asik sendiri dengan mainannya ketika guru menerangkan di depan kelas. Melihat kondisi siswa zaman sekarang yang semakin tidak semangat dalam kegiatan belajar membaca guru di harus memiliki strategis  agar siswa dapat belajar secara antusias, efesien, dan efektif, mengena pada impian yang di harapkan. salah satu strategi yang harus dimiliki adalah seorang guru wajib menguasai metode metode pembelajaran, yang dalam sebuah kenyataanya, metode metode mengajar yang di terapkan guru kepada siswa sangat berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan,ketrampilan,serta sikap.

Pos terkait