Pembelajaran matematika materi perkalian Menggunakan alat peraga untuk siswa mi/sd

  • Whatsapp
ABSTRAK:
Berdasarkan kejadian yang terjadi saat ini dikalangan pelajar, mata pelajaran matematika selalu dianggap paling sulit. Hal ini bisa terjadi dikarenakan penyampaian materi yang teoritis sehingga terkesan membosankan bagi siswa. Selain permasalahan metode pembelajaran yang hanya penyampaiannya berdasarkan teori yang ada di buku, guru di kelas juga tidak memberikan penunjang pembelajaran dalam menyampaikan materi seperti, penggunaan media alat peraga sebagai alat bantu untuk menunjukkan secara detail materi yang bersangkutan. Alat peraga juga dapat membantu siswa agar mendapatkan gambaran yang lebih realistis dan lengkap, sehingga materi dapat lebuh mudah dipahami. Diantara fungsi pembelajan menggunakan metode alat peraga adalah: (1) untuk menarik perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada pembelajaran yang ditampilkan dengan makna visual (2) memudahkan pelajar menangkap pelajaran dengan realistis.
Kata kunci: media alat peraga, gambaran yang realistis, matematika dianggap sulit
alat peraga
ABSTRACT
Based on the events that occur today among students, mathematics is always considered the most difficult. This can happen because the delivery of theoretical material that seems boring to students. In addition to the problem of learning methods that are only delivered based on the theory in the book, the teacher in the class also does not provide learning support in conveying material such as, the use of media as teaching aids to show in detail the material concerned. Teaching aids can also help student to get a more realistic and complete picture, so that the material can be more easily understood. Among the learning functions using the teaching aids method are: (1) to attract students attention to concentrate on learning that is displayed with visual meaning (2) makes it easy for students to catch the lesson realistically.
Keywords: media props, realistic image, mathematic is considered difficult
Baca Juga :  Pentingnya Manajemen Guru dan Karyawan Pendidikan Anak Usia Dini

Pembelajaran matematika materi perkalian  Menggunakan alat peraga untuk siswa mi/sd

PENDAHULUAN
Matematika merupakan salah satu diantara mata pelajaran yang ada di Indonesia yang dimana mata pelajaran matematika selalu ada disetiap jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari sekolah tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi.  Melihat begitu urgennya pelajaran matematika ini maka pelajar harus benar-benar menguasai dan memahaminya dengan baik. Namun peristiwa yang terjadi saat ini adalah sebagian pelajar di Indonesia beranggapan bahwa pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang paling sulit, sehingga menyebabkan proses pembelajaran yang kurang maksimal dan hasil tes yang diberikan oleh guru pun menjadi rendah dan tidak memuaskan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah karena pembelajaran di Indonesia lebih menekankan pada penguasaan keterampilan dasar (basic skills) daripada penekanan penerapan matematika seperti dalam konteks kehidupan sehari-hari, berkomunikasi dan berhubungan  secara matematis, serta bernalar secara matematis. Menurut pendapat Ashari, ia adalah wakil Himpunan Matematikawan Indonesia (HMI atau IndoMS) yang memberikan pernyataan  bahwa pembelajaran matematika pada saat ini memiliki karakteristik yaitu mengarah hanya pada tujuan kelulusan ujian sekolah atau nasional.

Pos terkait