Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat dan Perubahan Zat di MI Al – Bukhori

  • Whatsapp
Undangan Digital
Abstrak
Media merupakan salah satu alat yang sangat penting saat pembelajaran. Media merupakan perantara antara guru dan murid. Dengan gambar dapat digunakan sebagai media pendidikan dan memiliki nilai-nilai yang lebih efisien untuk pemanfaatan media gambar dalam proses pembelajaran IPA. Namun kenyataan nya masih ada guru yang belum bisa memanfaatkan media pembelajaran di kelas.  Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pengaruh penggunaan media gambar  terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran IPA materi sifat – sifat dan perubahan zat di MI Al – Bukhori. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi sifat – sifat dan perubahan zat dan meningkatkan prestasi hasil belajar IPA Penelitian ini dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Angket disebarkan pada siswa kelas VI dan hasil observasi di MI Al – Bukhori yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI Al – Bukhori  Data yang diperoleh kemudian diolah dan dapat diambil kesimpulannya bahwa anak MI lebih tertarik pembelajaran menggunakan media gambar.
Kata Kunci : Media Fotografi, aktivitas belajar, hasil belajar
Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat dan Perubahan Zat di MI Al – Bukhori

A.    Pendahuluan
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tahun milenial ini semakin pesat. Hal ini menuntut adanya sumber daya manusia yang lebih berkualitas untuk membantu perkembangan menjadi lebih baik,dan dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dikembangkan sebaik mungkin. IPA atau sains adalah mata pelajaran yang isinya berupa dengan alam, sehingga IPA bukan hanya pengumpulan data, fakta, dan konsep tetapi siswa juga harus secara langsung tidak hanya melalui teori saja.
Baca Juga :  Konsep Umum Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran

Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara lingkungan[1]. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi dimana pun dan kapan pun. Salah satu tanda perubahan seseorang melakukan proses belajar adanya perubahan tingkah laku pada diri seseorang terhadap pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Apabila proses belajar dilakukan disekolah – sekolah formal, maka mengarahkan perubahan pada diri siswa secara terencana, baik secara aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Interaksi proses belajar dipengaruhi oleh murid, guru, kepala sekolah, bahan media pembelajaran (buku, modul, majalah, rekaman video dan sejenisnya), dan berbagai sumber belajar lainnya serta fasilitas (proyektor, perekam pita audio atau video, radio, televisi, computer, perpustakaan, pusat sumber belajar dan lain-lainnya.

Pos terkait